5 Restoran Khas Betawi di Jakarta
Jumat, 25/07/2014 - 16:30 WIB
images-artikel/kecil/resto betawi.jpeg
Sumber: republika.co.id
 
 
Jakarta -

Semakin hari semakin sulit menemukan restoran yang menjual masakan Betawi di Jakarta. Yang ada malah rumah makan Tegal, Sunda, Padang, bahkan restoran-restoran Jepang. Tapi, bukan berarti rumah makan Betawi benar-benar sudah menghilang di ibukota. Buktinya, rumah makan dan restoran di bawah ini masih menjual berbagai hidangan khas Betawi yang amat gurih dan lezat serta wajib dicoba wisatawan di Jakarta.

5 Restoran Betawi di Jakarta :

1. Kafe Betawi
Namanya saja Kafe Betawi, tentu menu yang ditawarkan juga hidangan-hidangan khas Betawi. Beberapa contoh menu Betawi di restoran ini adalah Nasi Goreng Pete, Laksa Betawi, Soto Betawi, Nasi Uduk Empal, Gado-gado, Rujak Juhi dan masih banyak lagi. Tak hanya makanan, minuman yang disajikan tentunya juga bernuansa Betawi. Jenis minuman yang tersedia di kafe ini seperti Kopi Tubruk, Es Doger dan tak ketinggalan Sekoteng.

Soal harga, Kafe Betawi mungkin agak mahal bagi sebagian orang. Nasi Goreng Empal di sini dibanderol dengan harga Rp41.000 per porsi sementara menu sop buntut dihargai Rp65.000. Namun, harga yang ditawarkan sesuai dengan cita rasa makanan dan suasana asyik serta nyaman yang dapat dinikmati pengunjung di Kafe Betawi.

Outlet Kafe Betawi: Pondok Indah Mall, Cilandak Town Square, Senayan City, Pacific Place, Setiabudi One, Ex Plaza Indonesia, Grand Indonesia, Pluit Village, Emproium Pluit, Pluit Junction, Mall of Indonesia, Mall Kelapa Gading 1, Central Park, Teras Kota, Epicentrum Walk, Gandaria City, Living World, Kuningan City, Plaza Indonesia, Kota Casablanca, Kemang Village (tlp. 021 75900938)

2. Gerobak Betawi
Gerobak Betawi berlokasi di Jakarta Barat, tepatnya di kompleks Taman Ratu. Menyandang genre restoran Betawi, makanan khas Betawi seperti Nasi Uduk, Sayur Asem, dan Soto Betawi tentunya tersedia di restoran ini. Nasi Kucing kini menjadi salah satu menu andalan di Gerobak Betawi. Nasi berukuran imut ini memiliki berbagai jenis pilihan lauk seperti ayam, ikan peda, cumi asin, dan ikan teri.

Selain makanan-makanan berat, Gerobak Betawi juga menghadirkan berbagai camilan tradisional seperti tahu gejrot, rujak, jagung bakar, singkong goreng, kue rangi, dan kue serabi. Tak perlu khawatir soal harga, karena sebagian besar menu yang tersedia di Gerobak Betawi memiliki harga cukup terjangkau berkisar antara Rp10.000-Rp30.000.

Alamat Gerobak Betawi: Jl. Taman Ratu Indah Blok BB1 No. 1 D-E tlp. 021 56980648

3. Nasi Uduk Kebon Kacang
Daerah Kebon Kacang di bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat, memang terkenal sebagai pusat jajan nasi uduk di Jakarta. Di daearah ini, banyak terdapat warung makan nasi uduk yang memiliki cita rasa berbeda-beda meskipun jenis makanan yang dijual sama. Begitu populernya Nasi Uduk Kebon Kacang, banyak rumah makan yang menggunakan nama Kebon Kacang meski lokasinya sama sekali bukan di Kebon Kacang.

Kedai Nasi Uduk & Ayam Goreng Zainal Fanani adalah salah satu restoran nasi uduk terpopuler di kawasan Kebon Kacang. Nasi uduknya dibungkus dalam ukuran kecil-kecil menggunakan daun pisang dengan harga Rp2.000 per bungkus. Pengunjung bisa memilih berbagai jenis lauk yang terpajang rapi di etalase, misalnya ayam, tahu, tempe, udang, paru, usus, ataupun empal. Lauk yang dipilih akan digoreng dan dihidangkan sebagai pelengkap nasi uduk. Untuk menambah sensasi kelezatan, nasi uduk sebaiknya ditambah dengan bumbu kacang, kecap, dan jeruk nipis yang tersedia.

Alamat Nasi Uduk Kebon Kacang: Jl. Kebon Kacang VIII No. 5 Tanah Abang, tlp. 021 31903863

4. Rumah Makan Bumbu Betawi
Bumbu Betawi merupakan nama rumah makan khas Betawi di daerah Panglima Polim, Jakarta Selatan. Sesuai dengan namanya, rumah makan ini menghidangkan makanan-makanan khas Betawi, di antaranya Soto Betawi, Nasi Uduk, serta minuman unik bernama Bir Pletok. Namanya memang mengandung unsur bir, namun minuman yang satu ini sama sekali tidak mengandung alkohol.

Rumah Makan Bumbu Betawi tak hanya menarik pengunjung melalui masakan-masakan Betawi yang lezat tetapi juga dengan desain restoran yang kental dengan nuansa Betawi. Rumah makan yang didominasi warna putih ini didesain mirip rumah tradisional Betawi dengan adanya bangku-bangku bulat, pagar teras rendah berukir, pintu besar di bagian tengah, jendela di sebelah kanan dan kiri pintu, serta patung ondel-ondel di pojok restoran.

Alamat Bumbu Betawi: Jl. Panglima Polim V No. 58, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

5. Rumah Makan Betawi Ora
Namanya yang unik menggambarkan suasana rumah makan yang juga unik. Rumah Makan Betawi Ora terlihat mencolok dengan balutan cat warna hijau dan kuning, seperti rumah Betawi dalam film “Si Doel Anak Sekolahan”. Memasuki Rumah Makan Betawi ora, pengunjung akan dilayani oleh para pelayan yang berpakaian ala abang dan none Betawi.

Bukan cuma suasana atau desain restoran saja yang unik. Menu-menu yang ditawarkan oleh Rumah Makan Betawi Ora juga amat menarik. Bisa dibilang menunya “Betawi banget” dengan adanya menu Gabung Pucung, Semur Jengkol, Sayur Pala Kakap, Krecek, sampai Asinan Betawi. Harganya juga tak mahal-mahal amat. Hidangan-hidangan di rumah makan Betawi ini dibanderol dengan harga sekitar Rp15.000-Rp50.000.

Alamat Rumah Makan Betawi Ora: Jl. Raya Karang Tengah No.2, Ciledug, Jakarta Barat          tlp. 021 98819551

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 17/07/2014 - 17:34 WIB
Minggu, 06/07/2014 - 11:07 WIB
Rabu, 16/07/2014 - 15:49 WIB
Jumat, 25/07/2014 - 12:17 WIB
Jumat, 25/07/2014 - 16:30 WIB
Selasa, 15/07/2014 - 14:46 WIB