The 37th Jazz Goes To Campus
Minggu, 02/11/2014 - 09:56 WIB
images-artikel/kecil/poster artikel.png
Sumber: soulofjakarta.com
 
 
Jakarta -

Jazz Goes To Campus merupakan festival jazz tertua di Indonesia dan diselenggarakan oleh para mahasiswa yang mencintai musik jazz dan ingin membagi semangat musik yang mereka miliki. Semangat ini telah hidup dan menyala sejak dulu hingga pelaksanaan Jazz Goes To Campus Festival yang ke-37, yang akan dilaksanakan pada tanggal 30 November 2014.


Tema yang diangkat tahun ini adalah “Living The Inspired Jazzperience” dengan berfokus pada kata Inspired dan Jazzperience dimana Jazz Goes To Campus tahun ini ingin mengapresiasi dan menghadirkan wajah-wajah musisi jazz senior yang telah berkontribusi membangun industri musik jazz seperti yang bisa kita nikmati sekarang di Indonesia. Selaras dengan tema tersebut kami mengangkat “The Ultimate Jazzperience” sebagai tagline Jazz Goes To Campus tahun ini dimana menggambarkan semangat kami untuk memberikan pengalaman indah dalam menikmati musik jazz serta kepuasan mutlak yang bisa dirasakan seluruh stakeholders Jazz Goes To Campus tahun ini. Kami memegang janji untuk menyuguhkan festival jazz yang tidak biasa, kami akan menampilkan berbagai kalangan musisi jazz dengan komposisi yang seimbang antara musisi jazz senior hingga musisi jazz muda. Selain itu, “The Ultimate Jazzperience” juga merepresentasikan Jazz Goes To Campus sendiri yang sudah berlangsung selama 37 tahun lamanya, sehingga kami ingin memberikan segenap kemampuan yang dimiliki dan mengerahkan pemikiran untuk menciptakan konsep bagi Jazz Goes To Campus tahun ini yang bisa memberikan kesan terbaik, pelayanan terbaik bagi kepuasan stakeholders, serta menumbuhkan loyalitas dari seluruh stakeholders bagi perkembangan Jazz Goes To Campus.


The 37th Jazz Goes To Campus memiliki beberapa rangkaian acara yang akan mengawali festivalnya. Rangkaian acara The 37th Jazz Goes To Campus akan dimulai dengan JGTC Opening & Press Conference yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2014 di Kampus FEUI Depok dengan tujuan mengentalkan nuansa "kampus & mahasiswa" sesuai dengan nama acara kami Jazz Goes To Campus. Acara tersebut merupakan pembukaan secara simbolik untuk menandakan bahwa rangkaian acara dari The 37th Jazz Goes To Campus telah dimulai.


Pada tanggal 2 November 2014, bertempat di The Resonanz Music Studio and Entertainment, Kebayoran Baru akan diadakan JGTC Clinic yang diperuntukkan bagi Peserta JGTC Competition. Clinic yang diberikan oleh Agam Hamzah, Rayendra Sunito, Boby Limijaya dan Fajar Adi Nugroho ini ditujukan untuk membekali peserta JGTC Competition dengan pengertian mengenai menjadi musisi di Industri Jazz Indonesia dan kemampuan teknis memainkan instrumen musik.


Rangkaian acara lainnya dari The 37th Jazz Goes To Campus yang telah cukup populer dan cukup banyak melahirkan musisi-musisi jazz baru adalah JGTC Competition yang tergabung ke dalam JGTC Exhibition bersama dengan JGTC Choice Awards. Dari tahun ke tahun, JGTC Competition telah berhasil menemukan pemenang yang telah diseleksi kualitasnya oleh para juri yang terdiri dari insan-insan jazz kawakan seperti yang ada pada tahun ini, yaitu Benny Likumahuwa, Rayendra Sunito, Riandy Kurniawan, dan Boy Rhunos. JGTC Competition sendiri terdiri dari dua babak, yaitu Qualification Round yang akan diadakan tanggal 8-9 November 2014 yang akan diadakan di Tribeca Central Park, Jakarta dan 14 November 2014 yang diadakan di Area Danau Kampus C, Universitas Airlangga, Surabaya. Final Round pada tanggal 23 November 2014 akan diadakan di Piazza Gandaria City, Jakarta.


Setelah itu, rangkaian acara yang mengiringi adalah JGTC Roadshow. Pada tahun ini, JGTC Roadshow akan menyambangi kota Surabaya dan bekerja sama dengan teman-teman mahasiswa dari Universitas Airlangga untuk menjalankan JGTC Competition dan mini show pada tanggal 14 November 2014, dengan bintang tamu Idang Rasjidi Syndicate. Selain bergandengan dengan pihak Universitas Airlangga, JGTC Roadshow juga mengajak ITS Jazz, Korek Jazz, C.TWOSIX Jazz Club , dan Fusion Jazz Community untuk ikut meramaikan dan berpartisipasi.

 
Sebagai bentuk Social Responsibility dari acara kami, Jazz Goes To Campus menyalurkan JGTC Scholarship untuk mahasiswa FEUI yang membutuhkan. Penggalangan Dana untuk Beasiswa ini dilakukan dengan menjual undangan JGTC Gathering & Charity Night yang merupakan malam apresiasi untuk para donatur dan juga panitia JGTC terdahulu. JGTC Gathering & Charity Night dilaksanakan pada tanggal 15 November 2014 di Qi Dine and Lounge, The Sultan Hotel dengan penampilan khusus dari Yemima Hutapea.


Selain itu, sebagai bentuk kepedulian kami pada perkembagan komunitas Jazz khususnya di Jabodetabek dan Bandung, The 37h Jazz Goes To Campus mengadakan JGTC Community Night yang akan diadakan tanggal 21 November 2014 di Airman Lounge, The Sultan Hotel. Pada Community Night ini, Jazz Goes To Campus akan memberikan wadah bagi Komunitas Jazz di Jabodetabek dan Bandung untuk mempererat hubungan dengan Komunitas Jazz yang berisikan pecinta Jazz dan musisi Jazz – kalangan yang memiliki visi sejalan dengan Jazz Goes To Campus yaitu untuk menyebarkan the love of jazz. Selain itu akan hadir juga Beben Jazz dari Komunitas Jazz Kemayoran dan Benny Mustapha sebagai bintang tamu.


Perkembangan musik jazz di Indonesia tak akan sesukses sekarang ini tanpa dukungan dari berbagai pihak. Dukungan dari banyak insan jazz Indonesia tersebut juga dirasakan oleh Jazz Goes To Campus selama ini, oleh karena itu pada tahun 2007 diadakanlah JGTC Choice Awards untuk pertama kalinya dalam rangka memberikan penghargaan setinggi-tingginya bagi para insan jazz tanah air yang telah berkontribusi dalam perkembangan JGTC pada khususnya dan perkembangan jazz di Indonesia pada umumnya. Pada tahun ini pun, JGTC Choice Awards akan kembali memberikan penghargaan dan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi para insan Jazz yang terpilih ke dalam beberapa kategori, diantaranya Newcomer Artist, Most Dedicated, Young Talent, Album of The Year, dan Lifetime Achievement. Proses penilaian dalam JGTC Choice Awards pun tak perlu diragukan lagi karena komite jurinya digawangi oleh tokoh-tokoh Jazz terkemuka, seperti Agus Basuni, Frans Sartono, David Karto, David Tarigan, dan Yance Manusama. Untuk penganugerahan JGTC Choice Awards pada tahun ini akan diberikan saat The 37th Jazz Goes To Campus Festival.


Acara puncak dari The 37th Jazz Goes To Campus adalah JGTC Festival, jatuh pada tanggal 30 November 2014 bertempat di Pelataran Parkir Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Kampus UI Depok. Tahun ini, JGTC Festival dimeriahkan oleh Artis Internasional yaitu Sondre Lerche (Norwegia) dan Ray Harris and The Fusion Experience (Skotlandia) , untuk Artis Indonesia yaitu Glenn Fredly, Tulus, The Groove, Adhitia Sofyan, JGTC Project “Tribute to Salemba” , Idang Rasjidi Syndicate, Like Father Like Son (Benny Likumahuwa & Barry Likumahuwa), ESQI:EF- Syaharani and Queenfireworks, Monita Tahalea & The Nightingales, Oele Pattiselanno Quartet, Tjut Nyak Deviana & Friends, Bandanaira, Kunto Aji, HajarBleh Big Band, Yemima Hutapea, bonita & the hus BAND, dan JGTC Competition Winners. Penampilan-penampilan artis-artis profesional ini akan disuguhkan di empat panggung berbeda dengan area festival bagi penonton yang lebih luas dan nyaman.


Selain itu, tidak hanya dengan empat panggung, The 37th Jazz Goes To Campus Festival juga akan menghadirkan Jazz Museum yang akan menceritakan perjalanan panjang sejarah musik jazz, jazz di Indonesia, dan tentunya sejarah Jazz Goes To Campus itu sendiri. Selain itu, JGTC Festival akan bertambah meriah melalui bazaar-bazaar yang menarik, serta dekorasi yang artistik untuk menambah semarak aura festival.


Akhir kata, semoga perjalanan panjang Jazz Goes To Campus selama ini dapat memberikan kontribusi berarti atas perkembangan dunia jazz di Indonesia, kami berusaha untuk melanjutkan warisan untuk membuat Jazz dan Jazz Goes to Campus sesuatu yang bisa dirayakan oleh semua. Sebuah perayaan yang menawarkan tidak hanya ditujukan untuk mengibur, namun juga menginspirasi. Semoga nama harum Jazz Goes To Campus tetap ada sampai kapan pun demi kekalnya dunia jazz Indonesia. Long live Jazz Goes To Campus!

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Sabtu, 06/12/2014 - 08:05 WIB
Rabu, 24/12/2014 - 08:49 WIB
Senin, 29/12/2014 - 15:32 WIB
Jumat, 26/12/2014 - 17:24 WIB
Senin, 08/12/2014 - 09:34 WIB
Jumat, 19/12/2014 - 09:08 WIB
Kamis, 11/12/2014 - 16:41 WIB
Sabtu, 27/12/2014 - 10:19 WIB
Kamis, 25/12/2014 - 16:28 WIB