Cara Membuat Selai Rumahan yang Enak
Jumat, 22/05/2015 - 09:08 WIB
 
 
Jakarta -

Cokelat, kacang, stroberi hingga blueberry adalah beberapa varian selai yang paling umum dijual di pasaran. Dengan selai, roti tawar biasa pun bisa menjadi begitu lezat.
 
 

Bagi Sobat penggemar selai, ada banyak bahan yang dapat Sobat gunakan untuk membuat selai lezat, terutama buah-buahan segar. Tak ada salahnya membuat selai sendiri di rumah.

 

 

Dengan begitu Sobat bisa menikmati selai sehat yang tidak menggunakan zat pengawet. Sobat juga bisa mengontrol penggunaan gula atau sirup manis. Tak hanya itu, Sobat tidak perlu meragukan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat selai karena Sobat lah yang memilih seluruh bahan segar dan berkualitas.

 

 

Nah, untuk mengetahui apa-apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat selai di rumah, berikut ini adalah beberapa tips membuat selai seberti yang dikutip dari viva.co.id.

 

 

Direbus dengan api kecil

Biasanya untuk membuat selai buah-buahan, Sobat harus merebus buah dengan air, gula atau sirup. Proses memasak juga dilakukan agak lama hingga gula mengental dan cita rasa buah pun terasa secara merata. Oleh karena itu Sobat tak boleh memasaknya di atas api besar. Cukup gunakan api kecil dan aduk selai agar tidak menempel pada panci dan gosong.

 

 

Gunakan bahan pengental

Selai umumnya disantap dengan cara dioleskan ke atas roti tawar atau roti panggang. Oleh karena itu, tekstur selai tak boleh encer. Sobat bisa menggunakan beberapa bahan pengental seperti gelatin. Namun, ada baiknya menggunakan pengental alami.


Kreasikan dengan krim keju

Walaupun selai identik dengan buah-buahan, tak ada salahnya berkreasi dengan berbagai bahan makanan lainnya seperti krim keju misalnya. Walaupun Sobat bisa menggunakan krim biasa yang tanpa rasa, namun krim keju membuat selai menjadi lebih gurih dan kaya rasa. Penggemar keju pun pasti menyukainya.

 

 


Tak perlu zat pengawet dan pewarna buatan

Karena selai buatan rumah dibuat menggunakan bahan-bahan alami yang masih segar, maka Sobat tak perlu menggunakan zat pengawet, perasa atau pemanis buatan seperti yang Indira lakukan dalam membuat produk selainya. Sobat bisa membuat selai secukupnya sesuai kebutuhan dan menyimpannya di lemari es hingga satu bulan lamanya.

 

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-
 
           
Kamis, 18/09/2014 - 21:33 WIB
Selasa, 02/09/2014 - 14:37 WIB
Rabu, 03/09/2014 - 15:41 WIB
Selasa, 09/09/2014 - 13:21 WIB
Minggu, 14/09/2014 - 08:47 WIB
Jumat, 05/09/2014 - 09:19 WIB