Tetap Sehat dan Segar Saat Lembur
Senin, 11/09/2017 - 09:39 WIB
images-artikel/kecil/tips-sehat-kerja-lembur-678x300.jpg
Sumber: waspada.co.id
 
 
Jakarta -

Sobat Souja sering bekerja hingga larut malam atau memang diharuskan bekerja lembur hingga larut malam karena shift kerja? Lembur atau bekerja hingga malam umumnya bisa mendatangkan beberapa dampak buruk bagi kesehatan sobat. Insomnia, migrain dan stress adalah beberapa penyakit yang kerap menghampiri pekerja yang sering lembur. Stres disebabkan oleh kacaunya siklus biologis seseorang dimana secara alami tubuh kita dirancang untuk aktif di siang hari dan beristirahat di malam hari, bukan sebaliknya. selain itu lembur juga berpengaruh terhadap fungsi tubuh dan beberapa hormon di tubuh yang diproduksi secara berbeda untuk siang dan malam hari. Saat sobat lembur, maka organ tubuh banyak yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Namun, di tengah dunia kerja yang semakin kompetitif dan juga kebutuhan hidup yang semakin meningkat, melakukan pekerjaan hingga malam hari atau mengambil pekerjaan shift malam adalah sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Nah, jika sobat Souja termasuk yang sering lembur dalam bekerja, pastikan tubuh tetap sehat, bugar dan segar dengan beberapa tips sederhana berikut ini. 

1. Pola Makan yang Benar
Jika sobat Souja memang harus lembur, maka makanlah makanan yang hangat saat makan malam, begitu juga dengan sobat yang memang bekerja dengan shift malam, usahakan makan makanan yang hangat, seperti sup atau sayur berkuah yang bisa menghangatkan perut. Jangan makan fast food karena meski memberikan efek kenyang namun tidak baik untuk tubuh.

2. Say No to Rokok
Untuk sobat Souja yang pria dan terbiasa merokok, usahakan untuk tidak merokok selama lembur. meski banyak pria yang mengaku jadi lebih santai dan rileks jika merokok, namun rokok mengandung nikotin yang bisa merusak kesehatan dan memberi stimulasi keliru kepada otak sehingga sobat akan menjadi lebih stress. 

3. Banyak minum air
Rasa kantuk yang menyerang adalah hal normal yang bisa terjadi saat lembur. Karena hal inilah banyak pekerja lembur mengonsumsi kopi yang mengandung kafein. Kafein memang terbukti memberi suntikan tenaga dan menjaga mata tetap ‘terbuka’. namun dampaknya tidak baik bagi tubuh, misalnya membuat kepala sering pusing, terutama migrain dan masuk angin. Sebaiknya sobat Souja mengonsumsi air putih lebih banyak. dalam kondisi yang lelah dan stres, tubuh membutuhkan lebih banyak cairan yang harus diganti. Oleh karena itu sediakanlah air putih atau jus buah alami untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. hindari juga minuman bersoda dan minuman kemasan.

Mulai sekarang untuk sobat Souja yang sering kerja overtime hingga malam hari, jangan lupa untuk menerapkan tips sehat di atas ya!

 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-