Tips Selesaikan Konflik Dengan Rekan Kerja
Sabtu, 08/07/2017 - 10:56 WIB
 
 
Jakarta -

Bertemu dengan rekan kerja setiap hari mulai pagi hingga sore atau bahkan malam hari membuat peluang untuk mendapat masalah dengan rekan kerja cukup besar. Jika sobat terjebak dalam situasi di mana sobat harus memiliki konflik dengan rekan kerja, apa yang akan sobat lakukan untuk menyelesaikannya?


Berikut ini adalah beberapa tips dalam menyelesaikan konflik dengan rekan kerja seperti dikutip dari laman Vemale.com.


1. Ketahui bahwa konflik di tempat kerja adalah hal yang tidak dapat dihindari dan mau tidak mau sobat akan mengalaminya.
 
Hal ini tidak berarti bahwa karir sobat akan hancur ketika sobat mengalami sebuah konflik dengan rekan kerja. Sebaliknya, hal ini merupakan sebuah tantangan dan bagian dari proses belajar sobat di dunia kerja—dan wajar jika terjadi konflik antar rekan kerja.


2. Ketika sedang mengalami konflik dengan rekan kerja, pastikan bahwa sobat menyelesaikan masalah tersebut secepat mungkin.
 
Menyelesaikan masalah berarti sobat dan rekan harus berkepala dingin dalam meluruskan apa yang sebenarnya terjadi dan dengan kesadaran diri sendiri meminta maaf. Jangan biarkan konflik berlarut-larut dalam diam dan menunggu sampai salah satu pihak meminta maaf dan mengakui kesalahannya.


3.  Bertanya.
 
Tanyakan apakah ada hal yang salah dengan sobat, adakah perbuatan atau perkataan sobat yang membuat rekan kerja tersinggung, atau hal-hal lain yang berpotensi menjadi penyebab konflik antara sobat dan rekan kerja. Ingat, tanyakan dengan kalimat yang sopan dan tidak menyinggung perasaan rekan kerja sobat. Sobat tidak ingin, kan, menambah masalah karena kalimat sobat yang tidak sopan?


4. Jika konflik dengan rekan kerja masih belum berakhir, maka sobat bisa meminta bantuan pihak ketiga untuk menjadi penengah atau mediator.
 
Sobat bisa meminta atasan atau rekan kerja yang lain untuk membantu meluruskan konflik yang tengah berlangsung.


Namun apabila mediasi yang dilakukan oleh pihak ketiga tidak juga menyelesaikan masalah yang tengah terjadi antara sobat dan rekan kerja, maka jangan berputus asa. Cobalah untuk melihat sisi positif dan pelajaran apa yang bisa sobat ambil dari permasalahan yang anda miliki dengan rekan di tempat kerja tersebut.


 
 
Artikel Terkait:
-
-
-
-
-
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-