Travel Blogger: Hobi Yang Menghasilkan
Selasa, 11/07/2017 - 10:01 WIB
images-artikel/kecil/tumblr_nk1gwaOflp1qf7rl8o1_1280.jpg
Sumber: http://www.transitionsabroad.com/listings/study/articles/images/study-abroad-virtual.jpg
 
 
Jakarta -

Memiliki hobi berjalan – jalan tentu harus didukung dengan penghasilan yang memadai. Saat ini traveling cukup menjadi trend masyarakat yang banyak diperbincangkan. Mulai banyak bermunculan blog – blog yang memuat artikel mengenai tips – tips traveling ke suatu tempat dilengkapi dengan estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Jika kamu memiliki hobi traveling, ditambah lagi memiliki kemampuan menulis, adalah pilihan yang tepat jika kamu mencoba – coba menjadi Travel Blogger. Selain dapat menyalurkan hobimu, jika kamu geluti dengan baik, Travel Blogger bisa menjadi sumber penghasilanmu juga, lho! Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini. 
 
 
1. Mulailah dengan membuat domain blog kamu. 
 
Logo Blog dan Wordpress
 
Blogger.com dan WordPress.com adalah domain blog yang cukup mudah bagi pemula dan prosesnya cukup cepat. Pilihlah nama blog yang eye catching, sesuai dengan tujuan kamu menulis blog tersebut. 
 
Tips! Usahakan nama blogmu tidak menggunakan namamu. Gunakan istilah general yang berhubungan dengan Traveling atau kegiatan luar ruangan lainnya. 
 
 

2. Buat rangka tulisanmu.
 
Blog
 
Pilihanmu membuat travel blog tentu sudah didukung dengan pengalamanmu dalam bepergian ke tempat – tempat wisata. Kumpulkan semua arsip yang kamu memiliki dari berbagai destinasi yang sudah kamu datangi. Buatlah rangka tulisanmu, disertai foto jika ada, dan estimasi biaya yang dikeluarkan dari transportasi, akomodasi, sampai biaya makan. 
 
Tips! Destinasi wisata pilihanmu tidak harus yang di luar kota, bahkan luar negeri. Kamu bisa memulai dengan wisata kuliner di Jakarta, atau sisi lain kota Jakarta yang kurang banyak diketahui orang. Mulailah dari hal yang sederhana. 
 
 

3. Mulailah memposting. 
 
Blog yang baik adalah Blog yang memiliki informasi lengkap, padat, dan jelas. Saat kita mencari informasi tentang destinasi wisata, tentunya kita mencari website yang memaparkan informasi dengan jelas, namun juga tidak terlalu bertele – tele. Usahakan postinganmu menggunakan foto pendukung, 
agar pembaca tidak terlalu bosan membaca tulisanmu.
Artikel
 
Tips! Buatlah judul postingan yang jelas dan informatif. Contohnya, “Backpacker 4 Hari Ke Jogja” sehingga pada saat orang menuliskan “Backpacker Jogja” di website pencarian, postinganmu dapat masuk ke urutan atas dan memiliki lebih banyak peluang untuk dikunjungi. 
 
 
  
4. Mempercantik postinganmu. 
 
Buatlah blog dan tulisanmu menjadi beda dari yang lain. Contohnya tambahkan daftar estimasi biaya dengan table yang rapih dan jelas. Karena pada hakikatnya ketika kita mencari informasi tujuan wisata, yang kita cari pertama kali adalah estimasi biaya yang akan dikeluarkan. Tempatkan estimasi biaya pada bagian atas tulisanmu. Selain itu, kurangi narasi dan cukuplah dengan informasi yang informatif saja. Sematkan nomor teleponmu atau comment box di bawah postinganmu agar pembaca yang ingin bertanya dapat langsung menghubungi kamu. 
 
Artikel 
 
Tips! Gunakan tool bold, italic, dan ukuran font yang berbeda untuk informasi yang lebih penting. Hal ini bertujuan agar pembaca blogmu tidak bosan, dan mengetahui penekanan yang kamu berikan. 
 
 
 
 

5. Promosikan Blogmu. 
 

Promote 

Kunci dari sebuah kesuksesan adalah jangan takut untuk memperlihatkan karyamu pada dunia. Promosikan tulisanmu pada akun media sosialmu dan mintalah teman – temanmu untuk membantu mempromosikan blogmu. Jika postinganmu dianggap menarik, maka bisa saja bukan kamu akan mulai mendapat undangan untuk meng-review tempat – tempat wisata. Hobi yang menghasilkan, bukan? 
 
 
Tips! Share postinganmu di Facebook pribadimu, dan Joinlah beberapa group traveling yang banyak menjamur di Facebook, dan cukup share link blog/postinganmu saja. Dijamin, pasti banyak yang mengunjunginya. 

 
 
Artikel Terkait:
 
Baca Juga:
-
-
-
-
-