Berbohong di Lingkungan Kerja Sah-sah Saja.. Asal....

  • Senin, 16/11/2015 - 17:00 WIB
 
Sobat, sebagian besar orang tentu pernah berbohong untuk alasan berbeda, entah itu demi kebaikan atau malah sebaliknya. Pada umumnya, berbohong di lingkungan kerja adalah salah satu kesalahan terbesar yang berisiko menghancurkan karier seseorang. Namun demikian, ada beberapa jenis kebohongan dan tipu daya yang malah bisa menjadi kunci agar kamu bertahan, bahkan menuai kesuksesan di tempat kerja.


Apa saja? Seperti yang dilansir dari laman stylist.co.uk melalui Liputan6.com, Kamis (12/11/2015) berikut beberapa kebohongan yang boleh kamu lakukan di tempat kerja


Menyembunyikan Tidak Percaya Diri
Dengan berpakaian lebih menarik dan memperhatikan bahasa tubuh, Sobat Souja bisa menciptakan persepsi bahwa kamu tidak selalu yakin dengan keputusan profesionalmu dan memegang kontrol penuh pada setiap aspek dalam kehidupan. Kolega dan atasan tidak perlu tahu segugup apa dirimu menghadapi meeting atau melakukan presentasi di depan klien. 


Kamu Bukanlah Orang yang Rapi
Kondisi kerapian atau ketidakrapian kamar adalah urusan pribadi, akan tetapi meja kerja yang berantakan membuat kamu tampak kurang kompeten akibat keteteran dan kurang produktif. Ada beberapa trik yang bisa kamu lakukan agar meja tampak rapi dan memberi kesan positif seperti misalnya meletakkan tanaman kecil yang menunjukkan bahwa kamu berniat mengembangkan diri di perusahaan itu untuk jangka waktu panjang.


Kamu Sebetulnya Tidak Suka Berbasa-basi
Suka atau tidak, interaksi sosial adalah aspek terpenting saat networking. Mungkin kamu bukan tipe orang yang senang basa-basi, tapi bukan berarti tidak bisa ramah. Say hi sesekali atau jika diajak berbincang, tersenyumlah dan ladeni sedikit percakapan singkat. Bila kamu tidak ingin berlama-lama, katakanlah dengan sopan kalau sedang sibuk dan sedang dikejar deadline.


Kamu Sebetulnya Tengah Mencari Pekerjaan Baru
Salah satu hal terpenting yang perlu kamu perhatikan adalah menjaga kerahasiaan, karena tidak semua atasan bisa mentolerir aksi sembunyi-sembunyi. Jika ketahuan, loyalitas akan dipertanyakan dan bukan tidak mungkin aksi pemecatan akan dilakukan saat itu juga. Begitu pula dari sisi hubungan kamu dengan kolega, walau menganggap mereka teman baik, jangan beri tahu seorang pun anggota di tempat kerja mengenai pencarian kerja yang sebenarnya tengah kamu lakukan. Poin yang satu ini agak berbeda karena jika kamu  ditanyai secara langsung oleh atasan, pilihan terbaik adalah jujur. Namun jika tidak ada yang mengendusnya, lebih baik tidak mengumbar-ngumbar tentang pencarian kerja baru yang tengah dilakukan. 


So, secara teknis, kamu bukan sedang berbohong melainkan menyamarkan kebenaran. 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.