4 Hal Penting yang Menjadi Dasar Perencanaan Keuangan Pribadi

  • Jumat, 26/06/2020 - 06:40 WIB

Perencanaan keuangan adalah konsep dasar yang mencakup hal-hal seperti penganggaran, perencanaan dana pensiun, tabungan, asuransi, dan keluar dari hutang. Setiap orang tentu dapat konsultasi tentang perencanaan keuangan pada ahlinya. Namun, tak perlu khawatir karena Sobat Souja dapat membuat perencaan tersebut sendiri seperti beberapa panduan berikut ini.


Penganggaran

 

qw
Sumber: PFI Mega Life

 

Pada tingkat dasar keuangan pribadi, Sobat Souja harus memahami kebutuhan dan nilai dari anggaran. Sebuah rencana anggaran atau belanja adalah petunjuk untuk mengetahui apa yang perlu dilakukan dalam setiap bulan. Paling sederhana, anggaran mencantumkan berapa banyak penghasilan yang didapatkan dan dibandingkan dengan apa yang dikeluarkan setiap bulan.

Membuat anggaran terperinci dan tertulis memungkinkanmu membuat keputusan yang lebih cerdas dengan keuanganmu setiap hari. Ketika dirimu dihadapkan dengan menghabiskan uang untuk sesuatu, anggaran mengharuskanmu untuk membatasi pembelian.

Ketika membuat anggarapan, mulailah untuk melihat gambaran yang jelas tentang berapa banyak uang yang dirimu dapatkan. Dari sini akan dapat mengidentifikasi pengeluaranmu dan berapa banyak uang yang perlu dikeluarkan dan berapa banyak sisa dari pengeluaran tersebut.

Tentukan Anggaran yang Diperlukan

 

we
Sumber: Hipwee

 

Setelah berhasil membuat anggaran dasar, selanjutnya Sobat Souja memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keuangan. Lihatlah dengan jelas saat melakukan pemotongan anggaran, lihatlah antara arus uang masuk dan keluar setiap bulannya. Bila dalam anggaran tersebut mungkin masih terlalu besar, dirimu dapat memotong beberapa kebutuhan yang mungkin tidak terlalu penting.

Mengurangi pengeluaran memang sangat penting dilakukan, karena ini dapat membebaskanmu dari banyak uang dalam anggaran, sehingga membuatmu cenderung tidak bergantung pada kartu kredit atau pinjaman untuk menutupi kesenjangan pengeluaran. Selain itu, memiliki hutang juga menambah kembali uang ekstra ke dalam anggaran untuk melunasi hutang tersebut dengan cepat

Keluar dari Masalah Hutang

 

hutang
Sumber: Erzap

 

Bahkan setelah membuat anggaran dan memotong pengeluaran yang tidak perlu, mungkin dirimu masih menemukan masalah keuangan lainnya yaitu berkaitan dengan hutang. Menggunakan kartu kredit itu bukan hal yang buruk, tetapi ketika dirimu tidak dapat membayar pinjaman sesuai dengan kemampuanmu, maka itu adalah masalah yang rumit bagimu.

Keluar dari hutang menjadi lebih sulit ketika dirimu menghadapi tingkat bunga yang tinggi pada kartu kredit atau pinjaman. Salah satu langkah terpenting untuk keluar dari hutang adalah membayar lebih dari jumlah minimum yang harus dibayarkan setiap bulan. Ini bisa berakhir dengan biaya yang lebih tinggi yang mungkin lebih baik untuk digunakan untuk tabungan. Ada baiknya untuk memikirkan kembali menggunakan kartu kredit atau melakukan pinjaman, sesuaikan dengan pendapatan.

Pertimbangkan Asuransi

 

we
Sumber: liputan6.com

 

Sobat Souja telah membuat anggaran, memotong pengeluaran, dan menghapus hutan kartu kredit, selanjutnya adalah pertimbangkan penggunaan jasa asuransi. Kecelakaan dan bencana dapat terjadi kapan saja, jika dirimu tidak mengasuransikan secara memadai itu dapat membuatmu mengalami masalah keuangan yang lebih serius.
Mempelajari dasar-dasar penganggaran keuangan pribadi memang perlu dilakukan untuk menghindari masalah keuangan yang dapat menyulitkan dirimu. Ada baiknya untuk tetap menyesuaikan besaran gaji yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan lainnya.

Nah, itu dia empat hal penting untuk merancang keuangan pribadi. Semoga bermanfaat, ya, Sobat!

Sumber: Fimela.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.