Sobat Souja udah pada bosen belom nih disuruh stay di rumah terus? Mau keluar rumah rasanya insecure takut tertular Corona. Tapi jangan bandel ya Sobat Souja! " />

Makin Produktif Meski Harus Physical Distancing

  • Sabtu, 19/09/2020 - 07:53 WIB
Sobat Souja udah pada bosen belom nih disuruh stay di rumah terus? Mau keluar rumah rasanya insecure takut tertular Corona. Tapi jangan bandel ya Sobat Souja! Semuanya dilakukan untuk kebaikan kita bersama. Meluasnya daerah yang terinfeksi corona memaksa pemerintah Indonesia memberlakukan Social Distancing atau yang sekarang sudah berubah nama menjadi Physical Distancing. Sebagai bentuk nyata physical distancing maka pemerintah mewajibkan warga sipil melakukan karantina di rumah masing-masing selama beberapa minggu.
 
Sehubungan dengan itu maka instansi, perusahaan, dan sekolah di Indonesia telah melakukan gerakan belajar dari rumah (SFH/Study From Home) dan kerja dari rumah (WFH/Work From Home). Beberapa tempat umum seperti kafe dan warung kopi sudah diatur jam pelayanannya. Petugas keamanan juga terus berpatroli untuk membubarkan kumpulan warga yang bandel. Sedikitnya aktifitas yang dapat dilakukan di luar rumah dan terbatasnya ruang gerak saat masa karantina membuat banyak orang merasa bosan dan stres. Untuk mengatasinya berikut 5 tips untuk mengurangi kebosanan selama masa karantina.

1. Membiasakan Olahraga
 
lari
Source : winnetnews.com
Jangan takut untuk olahraga di luar rumah karena sejatinya physical distancing adalah menjaga jarak fisik dengan orang lain bukan berarti tidak boleh keluar rumah sama sekali. Jadi, dengan menjaga jarak minimal 1 meter dari orang lain Sobat Souja telah mengurangi resiko tertular Corona. Jika masih belum yakin, Sobat Souja bisa berolahraga di balkon atau halaman rumah. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan oleh semua orang tanpa alat khusus dan tanpa instruktur olahraga. Sobat Souja bisa senam jantung sehat, jalan santai, bersepeda mengelilingi kompleks, atau cukup melakukan peregangan badan. Lakukan olahraga ini di pagi hari ketika udara masih sehar dan matahari belum mengeluarkan panasnya.
 
2. Mulai Mencicil Tugas
 
belajar
Source : goodfon.com
Karantina bukan berarti libur terhadap tanggung jawab ya Sobat Souja! Tugas sekolah ataupun tugas kerja tetap harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Hindari menunda pekerjaan hanya karena terlalu nyaman dengan posisi rebahan atau deadline tugas yang diperpanjang. Keluarlah dari kenyamanan itu dan bangun untuk penuhi tanggung jawab Sobat Souja! Jangan pusing melihat tugas yang sudah menumpuk. Sobat Souja bisa mulai mengerjakannya dengan mencicil sedikit demi sedikit. Kerjakan tugas yang mempunyai deadline dalam waktu dekat terlebih dahulu. Kemudian Sobat Souja bisa mencicil tugas yang membutuhkan banyak waktu sambil mengerjakan tugas kecil lainnya. Jangan terlalu terpacu pada tugas, istirahatlah yang cukup dan minum banyak air.
 
3. Quality Time Dengan Keluarga
 
QTime
Source : sehatq.com
Corona memang membuat orang panik dan menyulitkan Sobat Souja untuk beraktifitas dengan bebas tapi cobalah melihat kondisi sekarang dari sudut pandang yang berbeda. Wabah yang terus menyebar ini mengharuskan Sobat Souja untuk melakukan karantina di rumah masing-masing. Selain keluarga atau kerabat yang tinggal seatap, interaksi secara langsung dengan orang lain sangatlah terbatas. Coba ingat kembali, kapan terakhir kali Sobat Souja berbasa-basi dan makan malam dengan keluarga setelah pulang kuliah atau kerja?  Sayang sekali jika Sobat Souja jarang melakukannya. Ayo gunakan waktu ini dengan membuat memori manis untuk dikenang. Jika Sobat Souja mempunyai hubungan yang kurang baik dengan salah satu anggota keluarga maka cobalah perbaiki hubungan itu secara perlahan-lahan.
 
4. Mencoba Hobi Baru
 
Hobi
Source : kumparan.com
Bagi Sobat Souja yang terbiasa beraktifitas di luar rumah pastinya sekarang merasa bosan dan jenuh. Jangan khawatir, di rumah saja bukan berarti hanya rebahan dan berselancar di dunia internet. Banyak hal poduktif yang bisa dilakukan. Arti produktif disini bukan hanya menghasilkan suatu barang tapi juga mengasah kemampuan (skill), menambah pengetahuan ilmiah maupun non-ilmiah, serta menghasilkan manfaat jangka panjang. Misalnya Sobat Souja bisa konten untuk Youtube, belajar main gitar, merajut baju, belajar desain grafis dari internet, memasak dengan ibu/anak, menanam pohon di halaman rumah, atau membuat karya seni dari barang tak terpakai. Kegiatan seperti ini sangatlah bermanfaat untuk menghilangkan rasa bosan dan melatih sisi kreatifitas otak.
 
5. Jangan Lupa Pada Sang Pencipta
 
berdoa
Source : idntimes.com
Meski ini poin yang terakhir tapi hal inilah yang paling penting. Sebagai manusia yang beragama, Sobat Souja tahu bahwa kenikmatan maupun ujian dalam hidup ini diberikan oleh Sang Pencipta. Saat ini Sobat Souja sedang diuji dengan corona yang menyebar dengan cepat. Anggaplah bahwa corona merupakan teguran untuk Sobat Souja yang terlalu sibuk mengejar duniawi semata. Hendaknya Sobat Souja sadar dan kembali pada hakikat manusia sebagai hamba-Nya. Bersyukurlah saat Sobat Souja diberikan kesehatan karena dengan bersyukur maka bisa mendapatkan kenikmatan lainnya. Selalu optimis saat Sobat Souja dilanda ujian karena disetiap ujian pasti ada pembelajarannya. Lakukan ibadah di rumah dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir. Terakhir, jangan panik dan tetap berfikir positif karena Sang Pencipta akan selalu memberikan yang terbaik untuk semua hamba-Nya.
 
Nah gimana Sobat Souja bermanfaat banget kan tipsnya, tetap produktif ya walaupun kita harus physical distancing di masa pandemik ini.

Sumber Artikel : Hipwee.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.