Penyebab Berkeringat Saat Tidur Malam Hari

  • Senin, 25/05/2020 - 07:08 WIB
Sobat Souja, pernah kan saat terbangun di malam hari tubuh berkeringat? Seringnya kita menyalahkan udara yang panas atau cuaca yang lembab. Ternyata kondisi itu juga bisa menajadi salah satu tanda mengalami keringat malam atai hiperdosis tidur, loh.

Keringat malam bisa disebabkan oleh perubahan hormon dalam tubuh atau adanay efek samping pengobatan. Hal ini tidak ada hubungannya dengan suhu ruangan atau cuaca yang panas. Keringat malam ini terkadang mengganggu tidur kita dan membuat orang mendadak terbangun sehingga harus mengganti pakaian atau sprei kasurnya.

Berikut adalah pemicu umum dari kondisi keringat malam dan harus ke dokter dan berkonsultasi tentang hal itu:

1. Menopause
ilustrasi menopauseilustrasi menopause
source: bisnis.com
 
Perubahan hormon selama menopause dan perimenopause sering berkaitkan dengan berkeringat di malam hari. Hot flash atau perasaan hangat yang tiba-tiba dan intens sering dialami oleh perempuan yang sedang dalam perimenopause dan menopause. Saat hal tersebut terjadi di malam hari, hot flash dapat menyebabkan keringat malam.

Penurunan hormon esterogen yang terjadi saat perimenopause, yaitu 7-14 tahun sebelum menopause, terkait degnan keringat malam sejingga memengaruhi pengaturan suhu tubuh. Sedangkan, keringat malam saat menopause, yaitu 12 bulan setelah menstruasi terakhir di usia 45-55 tahun, memang tidak memprihatinkan tetapi kadang membuat tidak nyaman. Hal ini bisa dibicarakan dengna sokter kalau sampai mengganggu.

2. Gangguan Hormon
ilustrasi hormon
source: rxisk.org
 
Orang yang memiliki gangguan hormon seringkali sulit untuk mengatur suhu normal tubuh sehingga menyebabkan keringat malam. Suhu tubuh diatur oleh hipotalamus, area otak yang menghasilkan hormon. Hormon yang tidak seimbang menjadi tanda bahwa hipotalamu tidak bekerja dengan baik.

Gangguan hormon yang bisa memengaruhi suhu tubuh dan menyebabkan keringan malam adalah hipertiroidisme, feokromositoma, dan sindrom karsinoid. Hipertiroisisme adalah kondisi yang menyebabkan produksi hormon tiroin yang memicu peningkatan keringat. Feokomositoma adalah tumor pada kelenjar adrenal yang membuat terlalu banyak memproduksi hormon sehingga gejala ini menyebabkan peningkatan denyut jantung dan keringat. Sindrom karsinoid adalah penyakit langka yang dikatikan dengan tumor dalam sistem endokrin. Penyakit ini dalam beberapa kasus dapat menyebabkan produksi serotonin neurotransmitter berlebih yang gejalanya adalah keringat malam. Perubahan hormon mempunyai gejala sebelumnya seperti perubahan berat badan atau sakit kepala sehingga harus memeriksakan diri ke dokter.

3. Infeksi
ilustrasi infeksi bakteri
source: suara.com
 
Tubuh akan menaikkan suhu saat melawan penyakit yang terinfeksi virus atau bakteri sehingga menyebabkan demam. Saat demam, tubuh dapat berkeringat. Infeksi dari HIV, TBC, dan mononukleosis dapat menghasilkan bahan kimia yang disebut sitokin saat melawan infeksi. Sitokin ini yang dapat memicu keringat malam. Demam tinggi saat malam hari dan tidak segera turun saat diberi obat penurun panas pun harus segera diperiksakan ke dokter karena bisa jadi terinfeksi virus atau bakteri.

4. Konsumsi obat-obatan

ilustrsi obat
source: kompas.com
 
Obat-obatan ternyata ada yang bisa memicu keringat malam. Penelitian tahun 2018 menemukan bahwa terdapat 14 persen orang yang menggunakan Selective Serotonin Reuptake Inhibitors (SSRI) atau bentuk antidepresan paling umum, mengalami keringat berlebihan dan keringat malam. kesimpulan dari penelitian ini bahwa ada kemungkinan obat dapat memengaruhi area otak yang memproduksi hormon yang menendalikan suhu dan keringat.

Obat lain yang dapar menyebabkan keringat malam adalah obat migrain triptan, obat penghambat hormon, obat diabates (seperti Metformin atau insulin) Untuk obat diabetes, orang harus memeriksa kadar gula darah, karenya jika terlalu rendah dapat menyebabkan keringat malam. Kalau ada obat yang emmicu keringat malam bsia dicoba untuk memakai pakaian tipis sehingga ruangan tetap dingin.

Sobat Souja tentu tidak perlu mempermasalahkan keringat malam secara berlebih. Namun, apabila sangat mengganggu dan mengalami gejala lain saat mengalami keringat malam tentu harus diperiksakan ke dokter. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan ya, Sobat!

source: https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/20/163446820/4-penyebab-munculnya-keringat-saat-tidur-malam?page=all#page2







About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.