Gejala yang Bisa Menandakan Gangguan Metabolisme Tubuh

  • Senin, 25/05/2020 - 07:08 WIB

Sobat Souja, metabolisme memegang peranan penting dalam tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Namun, terkadang hal ini bisa bermasalah dan menganggu kinerja tubuh. Scott Keatley, RD, dari Keatley Medical Nutrition Therapy mengatkana bahwa masalah metabolisme dianggap sebagai sesuatuyang normal dan sering terjadi saat bertambahnya usia.

Saat metabolisme terganggu, ada kemungkinan tubuh akan menambah berat badan. Tubuh kita bisa mengolah makanan dengan baik dan butuh tenaga ekstra untuk menurunkan berat badan. Namun, ada gejala-gejala yang bisa menjadi tanda bahwa tubuh mempunyai masalah dengan metabolismenya.

1. Merasa sengat lelah

ilustrasi lelah
source: republika.co.id

Tubuh bisa lelah dengan berbagai alasan seperti kurang tidur, berolehraga keras, dan sebagainaya. Namun, kalau sering merasa lelah tanpa alasan yang pasti itu bisa menjadi tanda bahwa metabolisme tubuh melambat. Tubuh tidak berjalan dengan seharusnya saat mengubah makanan menjadi energi.

2. Kulit dan rambut tiba-tiba kering

ilustarasi kering
source: tribunnews.com

Metabolisme yang baik bisa membuat tubuh memperbaiki sel dengan cepat. Hal ini berarti bisa menjaga kulit dan rambut agar tetap baik. Kalau tiba-tiba rambut dan kulit menjadi bermasalah bisa jadi karena metabolisme tidak baik atau gizi yang tidak seimbang.

3. Selalu menginginkan makanan manis dan makanan bertepung

ilustrasi makanan manis
source: beritagar.id

Saat tubuh menginginkan suatu makanan tertentu itu berarti ia sedang meminta energi. Namun, kalau sudah makan dengan baik dan tidur cukup tetapi tetap mempunyai keinginan makan tertentu dengan kuat, hal ini bisa berarti metabolisme tubuh tidak efektif dalam mengubah makanan menjadi energi yang dibutuhkan tubuh.

4. Berat badan bertambah meski sudah mengatur pola makan

ilsutarasi timbangan
source: kompas.com

Bertambahnya usia membuat tubuh menjadi sulit mempertahankan berat badan, dan hal ini normal. Namun, kalau sudah mengatur pola makan dan memperhatikan asupan kalori tetapi tetap bertambah berat, bia berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk tahu apa yang terjadi.

5. Selalu merasa kedinginan

 

ilustrasi kedinginan
source: tribunneews.com

 

Metabolisme tubuh, selain mengubah makana menjadi energi, bertugas untuk membantu menghasilkan panas. Jika metabolisme melambat, tubuh akan sering merasa kedinginan. Tubuh pun akan sering berbaring dan membutuhkan selimut tebal.

6. Sering murung

ilustrasi murung
source: kumparan.com

Hal ini tidak selalu disebabkan langsung oleh gangguan metabolisme yang melambat. Namun, saat sering merasa lelah saat adanya keabnormalan metabolisme tubuh bisa membuat orang akan merasa kuyu. Hal ini bisa membuat orang terlihat sering murung.


Sobat kalau merasa mengalami gangguan metabolisme bisa berkonsultasi dengan dokter. Saat ini sudah ada cara yang bisa mengatasi masalah semacam ini. Kalau dirasa sudah mengganggu sekali, sobat bisa berkonsultasi.

source:https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/20/204052920/6-tanda-metabolisme-tubuh-bermasalah?page=all#page2.


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.