Gerakan Peregangan yang Sebaiknya Dilakukan Rutin

  • Jumat, 19/06/2020 - 08:14 WIB
Sobat Souja, mungkin kita melakukan peregangan sebelum dan setelah olahraga. Namun, peregangan ternyata sebaiknya dilakukan tiap hari lho. Penelitian menunjukkan bahwa peregangan baik untuk menjaga otot dari pemendekan, fleksibilitas, pergerakan, dan rentang gerak. Selain itu, peregangan bisa membuat otot kuat dan lentur, dan bisa melindungi tubuh dari cedera.

Peregangan sendiri tidak dibutuhkan waktu yang lama untuk melakukannya. Sobat bisa meluangkan waktu 3-5 menit untuk peregangan. Sobat bisa melakukannya setelah bangun tidur atau di siang hari atau sebelum tidur. Gerakan peregangan juga mudah dilakukan siapa saja.

Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut peregangan yang harus dilakukan setiap hari:

1. Perengangan lengan dan bahu
ilustrasi peregangn lengan dan bahu
source: tabloidbintang.com
Peregangan ini fokus pada lengan dan bahu. Untuk melakukannya, berdiri tegak lurus lalu angkat kedua tangan dengan jari yang terkait. Pastikan lengan bahu serta tubuh terasa tertarik ke atas. Lakukan gerakan ini 8-30 detik.

2. Peregangan paha depan dan belakang
ilustrasi peregangan paha
source: lovepik
 
Peregangan ini baik untuk kesehatan kaki yang lelah beraktivitas. Peregangan paha depan dan belakang dilakukan dengan memulai gerakan dari berdiri tegak lurus. Lalu angkat salah satu lutut ke perut sehingga posisi kaki akan terlipat ke depan. Setelah itu tarik mata kaki ke bagian belakang sehingga menyentuh pantat. Lakukan gerakan ini 8-30 detik. Ulangi pada bagian kaki yang lain.

3. Peregangan melipat badan
ilustrasi peregangan melipat badan
source: blogspot
 
Dikutip dari Pop Sugar, peregangan melipat badan baik untuk otot kaki, badan, dan tangan. Peregangan melipat badan dilakukan dengan posisi duduk dan meluruskan kedua kaki ke depan. Lalu lipat badan ke depan dengan tangan menyentuh ujung jari atau lutut. Usahakan kepala dan badan menyentuh kaki. Lakukan peregangan ini selama 8-30 detik.

4. Peregangan kucing-unta
cat-camel pose
source: istock
 
Gerakan kucing-unta atau cat-camel merupakan gerakan yang menirukan posisi kucing dan unta. Peregangan ini baik untuk tulang leher dan punggung. Posisikan tubuh seperti kucing dengan telapak tangan, lutut, dan jari kaki menyentuh lantai. Luruskan posisi punggung dan lalu tarik napas saat mengangkat kepala sambil menaikkan punggung seperti membentuk punuk unta. Lalu, buang napas dan kembalikan kepada posisi semula dengan rileks. Lakukan gerakan ini 3-5 kali.

5. Peregangan memiringkan badan ke samping
ilustrasi side oblique
source: fabletics.com
 
Dikutip dari situs kesehatan Health, peregangan memiringkan badan ke samping kiri dan kanan dikenal juga dengan side oblique stretch. Peregangan ini dapat mengaktifkan otot-otot di seluruh tubuh. Cara melakukannya adalah berdiri tegak dengan membuka kaki selebar bahu. Lalu, angkat tangan kanan ke atas seolah hendak meraih sesuatu. Kemudian miringkan atau condongkan tubuh ke sisi kiri. Tahan hingga delapan detik. Setelah itu, ganti tangan dan lakukan pada sisi sebaliknya.

Nah, Sobat, itu beberapa gerakan peregangan sebaiknya dilakukan secara rutin. Peregangan ini pun bisa membuat tubuh tetap sehat dan segar lho. Sobat punt idak perlu waktu lama untuk melakukannya. Selamat mencoba.

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.