5 Tanda Beban Kerjamu Sudah Melewati Batas, Saatnya Cooling Down!

  • Senin, 03/08/2020 - 08:16 WIB
Sobat Souja, dunia kerja memiliki lika liku dan problematika yang beragam. Salah satunya apabila suatu hal yang tidak terduga terjadi, dimana beban kerja menjadi lebih banyak dan berat. Nah, jika kamu ingin tahu beban kerjamu melebihi batas wajar atau tidak, simak lima tandanya di bawah ini, seperti dilansir melalui IDN Times, ya! 


Tubuh Lelah
 
  
 
Jika tubuh terasa sangat tak bertenaga setiap pulang kerja, berarti beban kerjamu sudah berlebihan dan melewati batas kemampuan. Semua jenis pekerjaan memang bikin kita lelah, tapi bukan berarti setiap hari tenagamu dikuras habis karena pekerjaan. Ini sudah bukan suatu hal yang normal, lho!


Sering Lembur
 
  
 
Tanda berikutnya yang perlu kamu perhatikan ialah meningkatnya intensitas kerja lembur yang kamu lakukan. Biasanya, mungkin kamu cuma lembur satu atau dua kali dalam seminggu. Kini, berubah menjadi hampir setiap hari. Kalau sudah seperti itu, berarti beban kerjamu melebihi batas wajar.


Sering Pusing Melihat Tumpukan Pekerjaan
 
 
 
Setiap datang dan pergi kerja, rasanya kepalamu pusing meskipun hanya melihat tumpukan pekerjaan di meja. Kalau sudah seperti ini, berarti kamu mulai muak dan sangat capek dengan beban kerja yang berat itu, bahkan menimbulkan semangat untuk mengerjakannya saja, mungkin kamu tidak bisa.


Waktu Tidur Semakin Berkurang
 
  
 
Kalau waktu istirahat jadi berkurang drastis, bahkan sampai curi-curi kesempatan supaya bisa istirahat sejenak, maka itu tandanya beban kerja sudah berlebihan. Kamu mungkin bisa membicarakannya dengan atasan sebab kamu butuh beristirahat dengan baik agar kesehatanmu terjaga.


Nafsu Makan Menurun
 
  
 
Tanda terakhir yang menunjukkan beban kerjamu melebihi batas wajar ini, bisa dibilang cukup parah. Sebab, kamu sudah di tahap kehilangan semangat dan keinginan untuk makan. Ini seperti kehilangan motivasi, bahkan jika diberi makanan favoritmu pun, kamu tidak berselera. Jika seperti ini, mintalah cuti sebentar agar kamu bisa menjernihkan pikiran dan memulihkan semangat diri.


Sobat, kendati rasa lelah merupakan konsekuensi dalam dunia kerja, namun kamu harus menyadari lima hal tadi supaya tidak semakin stres dan capek. Sayangi dirimu, ya!


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.