5 Makanan yang Membantu Tubuh Mencerna Daging

  • Selasa, 04/08/2020 - 08:03 WIB

Sobat Souja, daging merupakan salah satu makanan yang sulit diolah sistem pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi daging dengan makanan yang dapat mempermudah tubuh mencerna daging.

Daging mengandung banyak protein dan lemak. Dua kandungan ini lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dapat dicerna oleh sistem pencernaan. Daging membutuhkan waktu sekitar dua hingga empat hari untuk dapat dicerna oleh tubuh. Pencernaan dimulai dari mengunyah, menuju lambung, usus, hingga sisa makanan dibuang melalui anus.

Semakin lama tubuh mencerna makanan, semakin lama organ bekerja dapat meningkatkan risiko munculnya sejumlah penyakit pencernaan, mulai dari sembelit, kembung, hingga kanker. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi daging dengan makanan yang dapat membantu mencerna daging. Berikut lima makanan yang membantu mencerna daging.

1. Nanas

 

d
Sumber: CNN Indonesia

Konsumsi daging bersamaan dengan buah nanas. Nanas mengandung enzim bromelain yang dapat memecah ikatan antara protein, sehingga proses pencernaan berlangsung lebih cepat.

 

2. Pepaya

 

d
Sumber: Liputan6.com

 


Selain buah nanas, buah pepaya juga membantu tubuh mencerna daging dengan lebih baik. Dikutip dari NDTV Food, pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi membantu mencerna protein. Pepaya juga tinggi serat. Buah ini juga dapat mencegah perut dari kembung dan sejumlah peradangan.

3. Yogurt

 

d
Sumber: mi7.be

Makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt juga dapat membantu mempercepat proses pencernaan daging. Probiotik merupakan bakteri baik di saluran pencernaan yang dapat membantu meningkatkan pencernaan dan menjaga usus.
Dikutip dari Healthline, probiotik membantu mengatasi masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, dan diare.

 

4. Tempe

 

f
Sumber: Wikipedia

Tempe juga baik dikonsumsi bersama dengan daging. Tempe yang terbuat dari kedelai fermentasi dapat meningkatkan pencernaan serta penyerapan nutrisi pada daging. Proses fermentasi pada tempe membuat makanan ini juga mengandung probiotik yang baik untuk pencernaan.

 

5. Sayuran hijau

 

f
Sumber: Trubus.id

Aneka sayuran hijau juga baik dikonsumsi bersamaan dengan daging. Sayuran hijau merupakan sumber serat yang baik sehingga mempercepat tinja keluar dari tubuh. Sayuran hijau juga kaya magnesium yang dapat membantu meringankan sembelit. Beberapa sayuran hijau yang baik dikonsumsi adalah bayam, kangkung, dan brokoli.

 

Itu dia lima makanan yang membantu tubuh mencerna daging. Yuk, perhatikan pola makanm agar seimbang!

Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.