Bersiap Dengan Resesi, Ini Cara Bijak Mengelola Keuangan

  • Kamis, 01/10/2020 - 14:39 WIB

Hello Sobat Souja, kalian tahu sekilas soal resesi ekonomi yang beberapa waktu belakangan ini juga lagi ramai dibahas? Siapa yang tahu apa yang mungkin terjadi dalam resesi? Kehilangan pekerjaan bisa menjadi kritis jika dirimu sudah terbebani dengan pinjaman dan utang lainnya. Kunci utama dari menghadapi resesi adalah Sobat Souja perlu memiliki cukup tabungan dan dana darurat yang dapat menolongmu saat menghadapi masa sulit ini. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Sobat Souja tetap proaktif tentang keuangan dan bahkan mungkin berkembang dalam menghadapi kemungkinan resesi.

resesi

Sumber : Google.com

 

Bangun Dana Darurat

Siapkan uang tunai untuk membantumu melewati periode pengangguran yang lama, bagi mereka yang mungkin mengalami pemberhentian kerja. Bahkan jika dirimu tidak kehilangan pekerjaan, kredit bisa sulit didapatkan selama resesi. Dana darurat juga bisa berguna jika dirimu memiliki pengeluaran tak terduga seperti tagihan medis, perbaikan mobil, atau perlu mengganti peralatan penting lainnya. Dirimu mungkin tidak memiliki tujuan, keluarga juga memiliki masalah keuangan mereka sendiri.

Tingkatkan Pendapatan

Saat ini, raih peluang untuk menghasilkan uang. Mungkin dirimu mendapatkan pekerjaan sampingan, bekerja paruh waktu atau mengambil waktu ekstra pada pekerajaanmu saat ini. Apa pun yang dapat dirimu lakukan untuk menopang tabungan adalah langkah cerdas.

 

mengatur keuangan

 

Sumber : Finsy.co.id

 

Tinjau Kembali Pengeluaran

Tinjau semua pengeluaranmu, tempatkan dirimu pada anggaran yang tidak melebihi dari uang yang dirimu dapatkan. Jika dirimu sering melakukan pembelanjaan yang berlebihan, lakukan perubahan dengan segera. Evaluasi kembali bahkan pengeluaran yang dibutuhkan dan lakukan perhitungan untuk melihat apakah layak bagimu untuk membiayai kembali hipotek jika dirimu memiliki rumah.

Nah, berikut tadi beberapa cara mempersiapkan keuangan dengan bijak saat resesi. Yang terpenting adalah Sobat Souja perlu untuk panik secara berlebihan dan mempersiapkan segala kemungkinan yang akan terjadi. Semoga info dan tips ini bermanfaat.

 

 

 

Sumber Artikel : Fimela.com

 


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.