Hindari Konsumsi Makanan Sehat ini Saat Sakit Tertentu

  • Rabu, 04/11/2020 - 13:01 WIB
Sobat Souja, saat tubuhmu sakit, terutama sakit kepala, batuk dan radang tenggorokan, pasti membuatmu lebih serba salah dan bingung. Sobat banyak membatasi diri untuk tidak mengonsumsi makanan tertentu. Memang, ada beberapa makanan harus dihindari saat sobat sedang sakit.

Alih-alih menyembuhkan, beberapa makanan sehat justru membuat kondisi lebih buruk atau memperpanjang gejala yang muncul. Beda penyakit, beda pula makanan yang harus dihindari. Mengutip Huffington Post, berikut beberapa makanan sehat yang bisa membuat penyakit sakit kepala, batuk dan radang tenggorokan memburuk.

Sakit Kepala

1. Keju parmesan
keju
source: pexels
 
Semakin lama usia makanan, semakin banyak histamin yang dihasilkan. Keju parmesan adalah salah satunya. Histamin dalam keju dapat menyebabkan pembuluh darah di otak membesar dan memicu sakit kepala berlebih.

2. Makanan fermentasi
yogurt
source: pexels
 
Tyramine atau asam amino yang ditemukan dalam makanan fermentasi juga bisa menjadi pemicu sakit kepala. "Beberapa orang mengalami kesulitan memecah tyramine dan membuat mereka lebih rentan terhadap sakit kepala," ujar Wellenstein. Mengonsumsi makanan fermentasi hanya akan menimbulkan penyempitan dan pelebaran pembuluh darah di otak yang memicu sakit kepala berdenyut. Sebagai pengganti, Sobat bisa mengonsumsi mentimun dan semangka yang kaya air. Makanan yang kaya air dapat membantu otak mengurangi gejala sakit kepala.

Batuk atau Radang Tenggorokan

1. Sayuran mentah
raw vegetables
source: pexels
 
Makanan yang kasar atau bergerigi mungkin lebih sulit untuk ditelan dan menyebabkan iritasi lebih lanjut. Hindari camilan sayuran mentah saat tenggorokan Sobat sedang tidak sehat.

2. Buah jeruk
jeruk
source: pexels
 
Mengonsumsi buah jeruk saat sakit bisa membuat kondisi semakin memburuk. Meski kaya akan nutrisi, namun tingkat keasaman pada jeruk akan menimbulkan iritasi pada tenggorokan. Daripada mengonsumsi dua makanan di atas, Sobat disarankan untuk memakan telur dalam rangka mengatasi sakit tenggorokan. Tak hanya karena mudah ditelan, telur juga mengandung vitamin D dan zync yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Selain itu, Soabt juga disarankan mengonsumsi madu yang dipercaya dapat meredakan sakit tenggorokan.

Sobat Souja, itu dia makanan sehat yang harus kamu hindari saat sakit kepala, batuk dan radang tenggorokan agar tidak tambah parah. Yuk jaga kesehatan dengan menjaga makananmu!

source: cnnindonesia.com



About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.