5 Food Pairing Unik yang Patut Dicoba

  • Selasa, 10/11/2020 - 10:09 WIB
Hai, Sobat Souja! Tahukah kamu food pairing? Food pairing alias padu padan makanan kerap dilakukan untuk menambah cita rasa saat bersantap. Ada ayam goreng dan sambal, mi goreng dan lelehan keju, serta yang sekarang ini tengah tren yakni teh susu dan boba.

Sebenarnya tidak ada pakem atau aturan pasti mengenai food pairing. Anda hanya perlu melakukan sedikit eksperimen dan keluar dari 'jalur' biasanya. Berikut deret food pairing unik yang mungkin bisa Anda coba.

1. Alpukat dan brokoli

Karena kaya akan kandungan nutrisi, brokoli direkomendasikan untuk masuk dalam menu diet harian. Olahan brokoli kukus, sup dengan brokoli, dan mungkin salad jadi pilihan yang umum.

Namun, brokoli pun sebenarnya juga dapat dipadukan dengan alpukat.

Jika biasanya Anda menyantap brokoli dengan mayones atau saus keju, alpukat dapat memberi tekstur creamy tapi lebih sehat.

Caranya cukup siapkan brokoli kukus dan alpukat berukuran sedang. Potong dadu alpukat lalu campur dengan brokoli. Santapan akan semakin nikmat bila ditambah taburan garam laut.

2. Keju dan selai

Rasa asin gurih dan manis rasanya tidak pernah salah untuk dipadukan. Anda mungkin menyukai kue keju dan saus cokelat atau roti isi selai kacang dan tambahan selai buah.

Untuk ide menarik lainnya, Anda dapat memadukan selai buah dengan selai keju atau keju lembaran.

Cukup siapkan roti tawar, selai favorit dan satu hingga dua lembar keju, sesuai selera.

Mengutip dari Greatist, ada beberapa ide selai dan keju yang bisa Anda eksekusi seperti selai jeruk dan keju camembert, jeli apel dan keju cheddar atau selai plum dengan keju gouda.

3. Semangka dan keju feta

Membayangkan semangka dipadukan dengan keju mungkin menjadi sesuatu yang terasa aneh. Semangka yang manis dan penuh air dipadu dengan keju feta yang asin dan pekat.

Kenyataannya, dua makanan ini bisa Anda padukan sehingga menemukan rasa asin dengan manis nan segar.

Cukup dengan memotong semangka menjadi ukuran kecil atau sekali gigit, lalu campur dengan keju feta yang sudah dipotong dadu.

4. Stroberi dan kemangi

Kemangi biasanya kerap ditemukan sebagai paduan lalapan di piring nasi ayam Anda. Padahal, dengan aroma dan rasanya yang kuat, kemangi pun bisa dipadukan dengan stroberi sehingga jadi minuman menyegarkan.

Kemangi bisa dijadikan pengganti daun mint. Cukup dengan menyiapkan air soda, stroberi potong, dan sedikit tumbukan daun kemangi, ini akan semacam minuman mojito dengan kearifan lokal.

5. Hummus dan pasta kari


Terbuat dari kacang chickpea, hummus jadi sajian penuh nutrisi terutama protein. Selain digunakan sebagai saus untuk salad atau roti, hummus juga fleksibel dipadupadankan.

Rasanya yang gurih dan manis bisa dipadukan dengan saus kari untuk menghadirkan rasa pedas dan sensasi panas.

Sebaiknya pilih saus kari merah untuk hasil dan rasa yang lebih enak. Sedikit campuran santan pun bakal mempertegas rasa gurih dan tekstur creamy.

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.