Sobat Souja, apakah kalian pernah mengalami kondisi ketika sedang denial? Ya, denial adalah situasi saat seseorang mengabaikan fakta yang terjadi di depan mata " />

Apakah Denial Baik Untuk Kesehatan Mental Seseorang?

  • Rabu, 04/11/2020 - 13:01 WIB
Sobat Souja, apakah kalian pernah mengalami kondisi ketika sedang denial? Ya, denial adalah situasi saat seseorang mengabaikan fakta yang terjadi di depan mata, terutama ketika situasi tak sesuai yang diharapkan. Namun bukan hanya sebagai bentuk pertahanan diri, arti denial juga berarti seseorang yang enggan mengakui sedang menghadapi hal buruk. Contohnya seperti menderita penyakit, obesitas, atau terjebak dalam hubungan yang tidak sehat. Seseorang bisa menyangkal apapun mulai dari fakta, tanggung jawab, dampak dari tindakannya, bahkan situasi yang tengah terjadi dengan menyembunyikan perasaannya. Ini adalah cara melindungi diri, menghadapi kenyataan dengan membantah dampaknya. Berikut merupakan kelebihan & kekurangan sifat denial yang dilakukan oleh seseorang.
 
sifat denial
Source: cdn.com
 
1. Fase Untuk Beradaptasi
Apabila kenyataan yang diterima begitu mengejutkan, fase penyangkalan ini akan memberi waktu bagi diri sendiri untuk memahami apa yang sedang terjadi. Tak hanya itu, seseorang juga bisa memetakan apa tantangan yang akan muncul ke depannya. Artinya, denial bisa menjadi periode sementara untuk mencerna informasi sehingga tidak berimbas pada kondisi psikologis.

2. Respons Atas Pemicu Stres
Saat denial, seseorang akan berusaha melupakan adanya benjolan dengan harapan bisa menghilang dengan sendirinya. Barulah setelah menyadari benjolan itu masih ada seminggu kemudian, situasi lebih tenang dan memungkinkan untuk memeriksakan diri ke dokter. Masalah bisa dihadapi dengan lebih rasional.

3. Membahayakan Diri & Orang Lain
Penyangkalan atas situasi yang genting seperti kondisi medis atau konseling untuk masalah mental menyebabkan seseorang cenderung menunda bertemu dokter. Akibatnya, kondisi medis yang ada bisa jadi justru kian parah karena penanganan tidak diberikan sesegera mungkin.

4. Situasi Finansial Terdampak
Selain kesehatan, menyangkal kondisi finansial sedang bermasalah juga bisa membuat masalah menjadi semakin besar. Sebut saja ketika seseorang menyangkal bahwa tagihan kartu kreditnya sudah kelewat batas dan masih saja menggunakannya untuk berfoya-foya. Akibatnya, angka tagihan dan bunga akan semakin besar dan berpengaruh terhadap situasi keuangannya.
 
denial buruk
Source: cdn.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam kelebihan dan kekurangan sifat denial yang dilakukan oleh seseorang. Penyangkalan atau denial adalah hal yang sebaiknya tidak dijadikan kebiasaan. Tidak masalah ketika merasa tak bisa memikirkan langkah selanjutnya di saat mendengar berita mengejutkan. Itu adalah mekanisme alami untuk memproses apa yang sedang terjadi. Semoga membantu ya!

Sumber artikel: Sehatq.com 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.