Museum MACAN Luncurkan Lokakarya Seni di Rumah Bareng Perupa, Mau?

  • Rabu, 11/11/2020 - 10:48 WIB
Hai, Sobat Souja! Perubahan pola hidup di masa pandemi Covid-19 dimanfaatkan oleh banyak orang untuk memulai hobi-hobi baru. 

Bagi kamu yang tertarik mendalami hobi dan ketertarikan dengan seni, seri lokakarya dari Museum MACAN berikut layak untuk dicoba. 

Museum MACAN meluncurkan MACAN Home Kit, sebuah seri lokakarya di rumah yang terdiri dari sepaket peralatan kesenian dan tautan untuk mengakses tutorial video panduan. 

Video panduan tersebut dibuat oleh perupa Indonesia dari berbagai disiplin. 

Beberapa perupa kontemporer yang akan tampil di antaranya Citra Sasmita, Ruth Marbun dan Agam Dwi Nurcahyo (Magafaka), serta kolektif keramik kenamaan Kandura Studio. 

Citra Sasmita, misalnya, dikenal dengan refleksinya yang unik tentang perempuan Bali dalam konteks masyarakat kontemporer. 

Sementara Ruth Marbun merupakan perupa yang dikenal dengan teknik mencoreng (mark-making) yang emosional. 
Peserta juga dapat belajar langsung dari kolektif keramik Kandura Studio. 

Nantinya, kamu sebagai peserta akan dipandu oleh para perupa untuk memulai proyek senimu sendiri dan berkesempatan mengikuti sesi konsultasi kelompok yang diadakan secara virtual bersama para perupa untuk meninjau karya mereka. 

"Kami berharap (MACAN Home Kit) dapat menciptakan pengalaman yang bermakna bagi peserta lokakarya, yang tidak hanya akan mempelajari kemampuan baru, tetapi juga memahami proses berkesenian dan berbincang langsung dengan para perupa."

Demikian diungkapkan oleh Kepala Departemen Edukasi dan Program di Museum MACAN, Aprina Murwanti, melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com. 

MACAN Home Kit pertama akan diluncurkan pada 4 November 2020, dipandu oleh perupa Bali Citra Sasmita. 

Lokakarya akan membawa peserta dalam sebuah perjalanan yang pribadi dan penuh emosi, menggunakan perasaan sebagai panduan melukis. 

Dalam Home Kit ini, terdapat tujuh kartu seukuran kartu Tarot berisi kata dan visual inspirasional yang dirancang oleh perupa untuk menuntun peserta dalam memvisualisasikan dan membayangkan memori personal yang terkait objek dan tempat tertentu. 

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan kanvas lukis, serangkaian cat akrilik berwarna dan kuas, dan tautan untuk mengakses video tutorial oleh Citra Sasmita. 

Setelah menyelesaikan lukisan, peserta dapat mengikuti sesi konsultasi kelompok dengan Citra secara virtual. 

Home Kit ini diperuntukkan bagi peserta berusia 17 tahun ke atas. 

Untuk anak dan remaja, tim Edukasi Museum MACAN telah menyiapkan MACAN Home Kit: Seri Edukasi. 

Edisi baru MACAN Home Kit: Seri Perupa dan Seri Edukasi akan dilansir secara reguler untuk membangkitkan aspirasi kreatif peserta. 

MACAN Home Kit: Melukis dengan Perasaan bersama Citra Sasmita akan mulai dijual pada 4 November 2020 yang dapat dibeli dari situs dan laman Tokopedia Shopatmacan seharga Rp 475.000.

Tertarik, Sobat Souja? Langsung dapatkan Macam Home Kitmu!

Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.