4 Pertanda Kamu Sudah Kelelahan Bekerja

  • Selasa, 10/11/2020 - 10:09 WIB
Sobat Souja, apakah kamu merasa kelelahan akhir-akhir ini? Rapat daring tak kunjung usai? Deadline harian yang menumpuk? atau, komplain dari atasan karena kinerjamu dianggap buruk? Kita tentu akan merasa kelelahan jika hal seperti ini harus dihadapi setiap hari. 

Sayangnya, kebanyakan pekerja tak menghiraukan kelelahan tersebut hingga menjadi memburuk dan mempengaruhi kesehatan fisik dan mental. 

Untuk itu, kamu harus tahu tanda-tanda kelelahan yang menjadi pengingat bahwa kamu harus cuti dan istirahat sebentar. 

Berikut adalah tanda-tanda kelelahan bekerja yang diungkap oleh Anna Haotanto, CEO dan pendiri The New Savvy, platform investasi karier dan keuangan untuk wanita. 

1. Mudah kesal 
 
f 
Sumber: Kompas Lifestyle 
 
Kelelahan membuat kamu jadi mudah marah terhadap hal-hal kecil yang biasanya tidak jadi masalah buatmu. 

Sesekali, kita mungkin mengalami hari yang buruk dalam pekerjaan, tetapi jika itu terjadi setiap hari, mental tentu akan merasa lelah. 

Tak jarang, hal ini membuatmu ingin resign dan mencari pekerjaan baru. 

“Jika tidak percaya pada nilai dan etos perusahaan, gangguan ini akan semakin parah dan kemungkinan besar bukan hanya fase,” ujar Anna. 
  
2. Kerja jadi malas-malasan
 
f 
Sumber: ITS 
 
Saat kelelahan, kamu akan merasa lesu dan tak bergairah. Kamu akan selalu lelah secara emosional dan fisik. 

Kamu mungkin membutuhkan pekerjaan baru jika sudah kehilangan minat dalam mengerjakan pekerjaanmu dan tak lagi mau melibatkan diri dalam memberi ide atau saat berdiskusi dengan tim. 

Bekerja kemudian hanya menjadi sebuah hal yang rutin yang harus dikerjakan.  

3. Selalu merasa tak enak badan 
 
d 
Sumber: halodoc 
 
Kelelahan mungkin dialami oleh mental dan pikiran kita. Namun pada akhirnya, hal ini akan berdampak pada fisik juga, berupa perasaan tidak enak badan. 
“Ketika kelelahan dan merasa kesal, kamu mungkin melakukan kebiasaan tidak sehat yang akan lebih berbahaya, seperti minum alkohol (secara berlebihan), merokok, dan menikmati makanan cepat saji,” kata Anna. 

4. Performa menurun 
 
f 
Sumber: Gaya tempo.co 
 
Kelelahan dapat menyebabkan penurunan kinerja. Hal ini bisa membuatmu melakukan banyak kesalahan dalam pekerjaan, lupa mengerjakan permintaan atasan, atau yang lebih parah lagi tak bisa memenuhi deadline. 
Untuk itu, kamu perlu mencari jalan keluar dari penyebab kelelahan yang kamu rasakan, apakah meminta pindah bagian, atau hal lain yang bisa kamu sepakati dengan perusahaan.

Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.