Selain 18 Again, 5 Drama Korea Ini Juga tentang Kembali ke Masa Muda

  • Selasa, 10/11/2020 - 10:10 WIB
Hai, Sobat Souja! Beberapa waktu ke belakang ini, drama Korea 18 Again tengah ramai dibicarakan di sejumlah platform media sosial. Salah satu faktornya adalah karena drakor yang diadaptasi dari film Hollywood berjudul 17 Again (2009) ini memiliki jalan cerita yang menarik. 

Kisahnya pun berfokus pada Hong Dae-young, pria berusia 37 tahun yang secara misterius berubah menjadi versi tubuhnya saat masih berusia 18 tahun di tengah proses perceraiannya.

Meski begitu, tema kembali ke masa muda ini sebenarnya bukan pertama kalinya diadaptasi oleh drama Korea. Pasalnya, sudah ada beberapa drakor sebelumnya yang memiliki jalan cerita cukup mirip dengan 18 Again. Tema kembali ke masa muda tersebut pun dihadirkan dengan berbagai macam konsep, entah itu perjalanan waktu, hilang ingatan, atau perubahan wujud tubuh di tahun yang sama layaknya 18 Again.

Nah, inilah deretan drama Korea tentang kembali ke masa muda selain 18 Again!

1. 18 vs. 29
 
f 
Sumber: Akurat.co

Drama Korea yang dirilis pada 2005 ini bisa dibilang menjadi cikal bakal dari serial bertema kembali ke masa muda. Kisahnya berfokus pada kehidupan rumah tangga dari seorang istri bernama Yoo Hye-chan (Park Sun-young) yang berusia 29 tahun dengan suaminya Kang Sang-young (Ryu Soo-young) yang merupakan seorang aktor. Namun, kehidupan suami-istri ini dilanda masalah ketika muncul wanita yang ingin merebut hati Sang-young.

Sewaktu ingin mengurus perceraiannya, Hye-chan mengalami sebuah kecelakaan mobil yang kemudian membuat hidupnya berubah. Sebab, setelah kecelakaan tersebut, Hye-chan mengalami amnesia yang membuatnya hanya memiliki memori saat dia masih SMA, tepatnya sewaktu berusia 18 tahun. Kondisi ini pun kemudian dimanfaatkan Sang-young untuk memperbaiki pernikahan mereka yang sedang di ujung tanduk.

2. Go Back Couple
 
f 
Sumber: Sakinah Menulis 
 
Go Back Couple merupakan sebuah drama Korea yang diadaptasi dari sebuah Webtoon berjudul Do it one more time. Jalan ceritanya pun lagi-lagi berfokus pada hubungan suami-istri yang sudah mulai bosan dan enggak bahagia dengan kehidupan pernikahan mereka. Hal ini dialami oleh pasangan Choi Ban-do (Son Ho-jun) dan Ma Jin-joo (Jang Na-ra) yang sama-sama berusia 38 tahun dan sudah menjalin asmara sejak kuliah.

Pada saat puncak konflik rumah tangga mereka, Ban-do dan Jin-joo secara misterius terbangun saat mereka masih berumur 20 tahun dan duduk di bangku kuliah. Meski enggak mengetahui bagaimana hal tersebut terjadi, keduanya justru memanfaatkan kesempatan ini untuk membuat pilihan jalan hidup lain dari sebelumnya. Namun, keputusan baru yang mereka buat justru berdampak bagi orang terdekat keduanya.

Salah satu daya tarik utama dari drakor ini adalah chemistry Son Ho-jun dan Jang Na-ra sebagai pasangan yang tampil menggemaskan. Buktinya, Ho-jung dan Na-ra berhasil mendapatkan piala “Pasangan Terbaik” pada ajang KBS Drama Awards 2017.

3. Mr. Back

f
Sumber: Asian Wiki 
 
Dibintangi oleh Shin Ha-kyun dan Jang Na-ra, Mr. Back merupakan sebuah drama Korea yang diadaptasi dari novel berjudul Old Man. Dalam drakor ini, Ha-kyun berperan sebagai konglomerat berusia 70 tahun yang dikenal egois dan rakus sepanjang hidupnya. Namun, ketika berubah wujud seperti saat dia masih berumur 30 tahunan, sang konglomerat pun mencoba untuk menjalani hidup dengan cara yang menyenangkan.

Sang konglomerat yang kini bernama Choi Shin-hyung ini kemudian bertemu dengan seorang wanita cantik bernama Eun Ha-soo (Jang Na-ra). Berkat pertemuannya dengan Ha-soo, Shin-hyung pun akhirnya merasakan jatuh cinta untuk pertama kalinya sepanjang hidup dia. Konsep cerita yang menarik dari drakor Mr. Back ini pun membuat serialnya meraih rata-rata rating cukup tinggi di angka 10.1% dari penayangan 16 episodenya.

4. One More Time
 
 f
Sumber: Korean Drama Source 
 
One More Time merupakan drama Korea ketiga yang melibatkan Kim Myung-soo alias L Infinite dengan peran sebagai anggota dari sebuah band. Kali ini, L berperan sebagai Yoo Tan yang merupakan salah satu anggota dari band bernama One More Time. Sayangnya, saat band yang telah dia rintis sejak remaja tersebut mulai terkenal, hubungan romantis dengan kekasihnya justru malah berakhir.

Nah, dalam sebuah kesempatan, Yoo Tan secara tiba-tiba mengalami sebuah kejadian misterius berupa lompatan waktu yang enggak diinginkan. Hal ini pun membuat Yoo Tan kini berada di masa lalu saat masih belum terkenal. Namun, kejadian misterius tersebut justru dimanfaatkan oleh Yoo Tan untuk merebut kembali hati dari kekasihnya yang diperankan oleh aktris Yoon So-hee.

Bonus: Miss Granny (2014)
 
f 
Sumber: CeritaKorea.com 

Sebenarnya tontonan yang satu ini enggak memiliki format serial seperti yang ada pada daftar ini, melainkan sebuah film Korea bergenre drama-komedi. Namun, konsep dari film yang satu ini masih mengusung tema kembali ke masa muda dan bahkan sangat mirip dengan drama Korea 18 Again.

Pada Miss Granny, kisahnya berfokus pada seorang nenek berusia 74 tahun yang menjalani kehidupan kurang bahagia dengan keluarganya. Suatu hari, dia pun melakukan pengambilan foto di sebuah studio misterius yang kemudian mengubah dirinya ke wujud saat masih berusia 20 tahun. Hal ini pun kemudian dimanfaatkan sang wanita untuk menjalani hidup dengan bahagia seperti saat dia masih muda dulu.

Film ini pun sukses secara ulasan ataupun finansial. Bayangkan saja, Miss Granny berhasil meraup keuntungan sebesar 51,7 juta dolar (sekitar Rp750 miliar) dan meraih 13 piala di berbagai ajang penghargaan. Oh ya, kepopulerannya pun membuat Miss Granny mendapatkan remake film di berbagai negara, termasuk Indonesia dengan judul Sweet 20 (2017).


Nah, itulah sejumlah drama Korea dengan tema kembali ke masa muda selain 18 Again. Dari seluruh drakor tersebut, manakah yang menjadi favorit kalian?

Sumber: kincir.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.