Tips Menyimpan Makanan Awet Tanpa Pengawet

  • Kamis, 18/06/2020 - 04:31 WIB
Sobat Souja tentu pernah membiarkan makanan bergitu saja, dan makanan tersebut setelah beberapa lama akan membusuk dan berjamur. Makanan harus dihangatkan agar tetap bertahan untuk bisa dimakan selanjutnya. Sobat pun mencoba berbagai cara untuk membuat makanan lebih tahan lama tanpa pengawet. Selain itu, makanna yang tahan lama bisa mengurangi makanan terbuang.

Dilansir dari CNNIndonesia.com, berikut cara membuat makanan tahan lama tanpa pengawet:

1. Memasukkan ke dalam kulkas dengan suhu yang tepat
ilustrasi kulkas
source: tribunnews
 
Kulkas memang bisa membuat makanan tahan lama. Namun, kulkas harus dipastikan  memiliki suhu udara yang tepat. Hal ini agar makanan tetap awet dan bebas dari kuman atau bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan. Suhu lemari es yang direkomendasikan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) adalah 4 derajat Celcius. Sedangkan freezer harus di bawah nol derajat.

2. Simpan susu di bagian terdingin kulkas
ilustrassi susu
source: kompas.com
 
Selain bisa mengawetkan makanan, kita juga bisa menyimpan susu di dalam kulkas. Bagian- bagian kulkas sebenarnya memiliki temperatur yang sedikit berbeda. Bagian terdalam biasanya lebih dingin dibandingkan bagian depan atau pintu karena lebih sering terpapar udara. Susu bisa ditaruh dibagian terdalam itu sehingga bisa lebih tahan lama. Hindari meletakkan di bagian pintu karena dapat basi lebih cepat.

3. Rendam selada pada air dingin
ilustrasi selada
source: kumparan
 
Daun selada sangat mudah layu meski sudah dimasukkan ke dalam lemari es. Hal ini terjadi karena selada mudah kehilangan air. Oleh karena itu, jangan membuang selada yang tampak layu. Rendam selada pada air dingin selama 30 menit sebelum dikonsumsi. Selada bakal terlihat segar kembali.

4. Simpan roti dalam plastik kedap udara
ilustrasi roti
source: kompas.com
 
Sobat tentu sering menyimpan roti dan kukis disimpan dalam wadah atau toples hias. Namun, cara ini justru membuat roti dan kukis terkontaminasi udara. Alhasil roti dan kukis tidak lagi renyah atau bahkan berjamur. Dikutip dari The Daily Meals, cara paling baik menyimpan roti dan kukis adalah dengan memasukkannya ke dalam plastik kedap udara.

5. Merebus telur
ilustrasi telur
source: fimela
 
Telur segar dapat bertahan tiga hingga lima minggu di lemari es sebelum membusuk. Jika memasuki minggu kelima, telur belum juga digunakan, jangan dibuang.Alih-alih dibuang, akan lebih baik jika Anda merebus telur tersebut. Telur yang direbus dapat bertahan hingga satu minggu setelahnya.

Nah, Sobat hal ini yang bisa dilakukan untuk membuat makana lebih awet tanpa menggunakan pengawet. Sobat pun bisa menghemat pengeluaran untuk bahan makanan dan tidak membuat makanan terbuang. Selamaat mencoba!

Source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.