5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan, Cerahkan Kulit hingga Anti-aging

  • Sabtu, 20/06/2020 - 06:23 WIB

5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan, Cerahkan Kulit hingga Anti-aging

Sobat Souja, selama ini kita mungkin sering mendengar bahwa tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Terutama, karena sayuran ini mengandung vitamin A dan berbagai mineral lain yang bisa membantu menjaga kondisi tubuh.

Namun, tahukah Anda kalau tomat juga memiliki manfaat bagi kecantikan kulit? Seperti dilansir berbagai sumber, tomat bisa membantu mencerahkan, meredakan efek sunburn, mengangkat sel kulit mati, hingga membantu mencegah proses penuaan dini pada kulit. Efek-efek ini didapatkan karena aneka kandungan bermanfaat pada tomat, seperti lycopene, pektin, potasium, dan juga vitamin A.

Sehingga, tak mengherankan bila ada yang memilih untuk mengkonsumsi sayuran ini secara langsung atau mengaplikasikannya sebagai bahan perawatan kulit alami. Lebih jelasnya, yuk, kita simak ulasan mengenai manfaat tomat bagi kecantikan kulit.

1. Membantu mencerahkan kulit

 

mencerahkan kulit
Sumber: Tribun Jambi

Menurut NDTV Food, tomat adalah sayuran yang kaya dengan potasium dan vitamin C. Kedua zat ini berguna untuk mencerahkan kulit kusam.

Ada beberapa pendapat mengenai cara menggunakan tomat untuk mencerahkan kulit. Dalam laporan Style Craze, disebutkan bahwa kita bisa mencampurkan satu sendok tomato pulp (tomat yang sudah dihaluskan hingga menjadi seperti bubur) dan 3-4 tetes air lemon, kemudian membiarkannya hingga 10-12 menit di wajah sebelum membilasnya dengan air. Cara ini bisa dilakukan sebanyak 1-2 kali sehari untuk mencerahkan bagian yang gelap pada kulit.

 

2. Meredakan efek kulit terbakar sinar matahari

meredakan sunburn
Sumber: Portal Wanita Muda

Selain itu, karena memiliki kandungan vitamin C dan A, tomat juga bisa membantu untuk mengurangi efek terbakar sinar matahari (sunburn) pada kulit. Salah satu caranya adalah dengan mencampurkan perasan tomat dengan buttermilk, kemudian mengoleskannya pada permukaan kulit yang terbakar. Campuran ini disebut dapat meredakan rasa tak nyaman sekaligus warna kemerahan pada kulit yang baru tersengat matahari.

 

3. Membantu mengontrol komedo

komedo
Sumber: Tribun Manado

Karena memiliki sifat astringent, tomat bisa membantu mengurangi kadar sebum pada permukaan kulit. Ini dapat membantu agar minyak tak tersumbat pada permukaan kulit dan memperkecil kemungkinan munculnya komedo.

Agar bisa mendapatkan manfaat ini, salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan memotong tomat mentah menjadi dua dan mengusapkannya ke permukaan kulit. Biarkan sampai 15 menit sebelum dibilas.

 

4. Membantu mengeksfoliasi kulit

eksfoliasi
Sumber: Kawaii Beauty Japan

Tomat disebut dapat membantu untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Seperti dilansir Healthline, sebuah studi mengenai herbal exfoliant pada 2011 menyebutkan, kandungan pektin dan flavonoid yang ada dalam tomat memiliki efek membersihkan sekaligus antioksidan yang berguna untuk meratakan tekstur kulit.

Bila ingin menggunakan tomat sebagai exfoliator alami, menurut NDTV, kita bisa mencampurkan dua buah tomat, 20 buah daun mint, dan 2 es batu dalam blender. Ditambah dengan dua sendok gula, bahan ini bisa menjadi scrub alami untuk mengangkat sel kulit mati, juga membersihkan dan melembapkan kulit.

 

Campuran ini disarankan untuk dipakai dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, ingatlah untuk memastikan bahwa kulit Anda tidak menimbulkan reaksi alergi dan memang terlihat perubahannya setelah menggunakan campuran tersebut.

5. Berfungsi sebagai anti-aging

anti aging
Sumber: Tribun News

 


Terakhir, tomat juga memiliki kandungan lycopene, antioksidan yang disebut dapat memiliki efek anti-aging. Menurut Times of India, kita disarankan mengkonsumsi setidaknya 16 mg lycopene per hari untuk mengurangi zat radikal bebas pada tubuh dan membantu mengikat kelembapan pada kulit. Namun menurut Healthline, belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk menyatakan bahwa efek antioksidan ini bisa dengan mengaplikasikan tomat secara langsung pada kulit.

Nah, itu dia lima manfaat tomat, Sobat! Semoga membantu!

Sumber: Kumparan.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.