Makanan yang Bisa Mempercepat Proses Penuaan

  • Rabu, 17/06/2020 - 08:54 WIB
Sobat Souja, saat memakan makanan, terkadang, sobat tidak terlalu memikirkan dampak dari kandungan makanan tersebut. Ada beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan yang mempercepat proses penuaan. Makanan sendiri memang bisa menjadi salah satu faktor penuaan dini selain dari merokok, paparan sinar matahari, dan gaya hidup tidak sehat.

Makanan ternyata bisa mempercepat penuaan sel sehingga memunculkan tanda penuaan pada tubuh. Tanda-tanda penuaan dini yaitu kulit kusam, muncul kerutan, dan rambut memutih. Selain hal yang terlihat, sel dan organ tubuh juga mengalami penuaan dan rentan peradangan. Karenanya, usahakan untuk menghindari makanan yang membuat cepat tua agar organ tubuh tetap terlihat awet muda.

Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut makanan yang bisa mempercepat proses penuaan:

1. Daging Olahan
ilustrasi daging olahan
source: orbitdigitaldail.com
 
Olahan daging seperti daging asap, sosis, daging cepat saji yang mengandung pengawet tinggi. Pengawet itu bisa memicu radikal bebas dalam tubuh. Hal itu yang bisa mempercepat proses penuaan dan merusak organ tubuh.

2. Gula
ilustrasi gula
source: kompas.com
 
Peradanganbisa disebabkan dari konsumsi gula. Gula juga dapat merusak kolagen dan elastin yang membantu kulit tetap sehat dan awet muda. Selain itu tidak hanya gula bubuk, makanan yang mengandung gula juga mesti dihindari seperti kue, permen, sirup, dan cocktail. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi gula maksimal 50 gram atau sekitar 4 sendok makan saja setiap harinya.

3. Minuman energi
ilustrasi minuman energi
source: grid.id
 
Minuman energi biasanya tinggi akan gula dan asam dan bisa merusak sel tubuh. Konsumsi minuman energi terus-menerus juga memicu dehidrasi yang mempercepat proses penuaan. Hidrasi atau konsumsi air yang cukup dapat membuat kulit terlihat segar. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi air 2 liter setiap harinya.

4. Makanan tinggi garam
ilustrasi garam
source: tribunnews
 
Tingginya garam dalam makanan juga mempercepat proses penuaan. Garam dapat menahan air sehingga membuat proses penuaan lebih mudah terjadi. Kementerian Kesehatan merekomendasikan konsumsi garam 5 gram sehari atau 1 sendok teh saja.

5. Gorengan
ilustrasi gorengan
source: mediakendari.com
 
Tak asing, kalau gorengan memang tidak baik untuk kesehatan. Makanan yang digoreng terlalu lama mengandung banyak minyak dan lemak yang memicu radikal bebas, penyebab penuaan.

6. Makanan yang dipanaskan
ilustrasi memanaskan makanan
source: kompas.com
 
Dikutip dari Eat This, makanan yang dipanaskan dalam microwave juga dapat mempercepat proses penuaan. Makanan yang beku dan kemudian dipanaskan mengandung natrium yang berlebih, yang memicu penuaan.

7. Makanan yang mengandung lemak trans
ilustrasi makanan fat trans acid
source: tribunnews
 
Lemak trans adalah jenis lemak yang memiliki rangkaian atom karbon. Lemak trans dikenal juga dengan asam lemak trans dan lemak terhidrogenasi. Lemak trans tidak baik untuk tubuh karena meningkatkan kolesterol, merusak organ, dan mempercepat penuaan. Lemak trans banyak terdapat di dalam margarin, kue kering, camilan, gorengan, adonan yang didinginkan, dan krimer.

Sobat Souja, itu dia makanan yang bisa mempercepat penuaan. Sebaiknya kurangi makan makanan-makanan dengan bahan ini ya, sehingga bisa mencegah penuaan dan tubuh sobat tetap awet muda. Walaupun susah, setidaknya coba untuk makan makanan yang sehat, ya, sobat!

source: cnnindonesia.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.