Puluhan Mal di Jakarta Mulai Buka, Terapkan 8 Tips Proteksi Diri Berikut Ini!

  • Rabu, 17/06/2020 - 08:56 WIB
Sobat Souja, pusat perbelanjaan di Jakarta sudah dibuka kembali pada 15 Juni 2020. Ada total 80 mal di ibu kota yang mulai melalui masa transisi, melayani para pengunjungnya. Nah, sebelum kamu mengunjungi mal favoritmu, perhatikan sejumlah tips menjaga diri di masa pandemi ini seperti dikutip melalui CNN Indonesia, ya! 


Pastikan Tubuhmu Sehat
 
  
 
Saat memutuskan pergi ke mal, pastikan tubuh dalam kondisi sehat yang ditandai dengan tidak memiliki gejala penyakit. Orang yang letih dan lelah memiliki daya tahan tubuh yang lemah sehingga lebih rentan terhadap virus penyakit. Pastikan pula kamu tidak memiliki gejala seperti batuk, pilek, dan demam yang tinggi. Ukur terlebih dahulu suhu tubuh. Hanya orang dengan suhu tubuh di bawah 37 derajat Celcius yang boleh memasuki mal atau pusat perbelanjaan.


Terapkan Protokol Standar
 
  
 
Gunakan alat selalu proteksi diri untuk mengurangi risiko dan paparan terhadap virus corona. Pastikan seluruh tubuh terlindungi dengan baik. Mulai dari hal-hal sederhana seperti mengikat rambut, menggunakan masker, kacamata, dan face shield. Gunakan pula pakaian dan sepatu tertutup untuk meminimalisasi paparan virus. Pusat perbelanjaan juga mewajibkan setiap pengunjung untuk memakai masker. Setelah pulang dari mal, segera mandi dan cuci baju serta bersihkan alat proteksi diri.


Barang Bawaan Wajib
 
  
 
Selalu lengkapi diri dengan membawa sejumlah barang bawaan penting ketika ke mal. Barang bawaan itu meliputi hand sanitizer, masker pengganti, semprotan disinfeksi atau alkohol, tisu kering, dan tisu basah. Berjalan-jalan di mal rentan membuat masker basah. Selalu ganti masker jika sudah basah atau sudah digunakan lebih dari empat jam. Tisu basah dan tisu kering juga dapat digunakan untuk melap sesuatu ketika berjalan di mal.


Tentukan Tujuan dengan Detail
 
  
 
Tentukan tujuan atau gerai-gerai mana yang hendak dikunjungi lebih dulu. Pastikan perjalanan di mal berlangsung secara efektif agar tidak menghabiskan banyak waktu. Berada di ruang tertutup terlalu lama meningkatkan risiko terkena virus corona. Cari tahu pula informasi lengkap mengenai peraturan dan protokol kesehatan di mal tersebut.


Hindari kerumunan
 
  
 
Hindari kerumunan atau tempat dengan banyak orang berkumpul. Selalu patuhi aturan jaga jarak minimal 2 meter sesuai rekomendasi WHO. Patuhi pula aturan mengantre dan duduk saat makan di restoran.


Hindari menyentuh benda yang tidak perlu
 
  
 
Kurangi aktivitas menyentuh benda yang tidak perlu. Tangan dapat menjadi media penularan virus corona. Segera cuci tangan dengan air dan sabun atau dengan hand sanitizer setelah menyentuh benda-benda yang ramai disentuh banyak orang.


Hindari Uang Tunai, Gunakan Metode Non Tunai
 
  
 
Gunakan metode pembayaran non tunai karena uang fisik juga dapat menjadi metode penularan virus corona. Siapkan dompet elektronik untuk melakukan pembayaran di mal.


Naik Kendaraan Pribadi
 
  
 
Sebisa mungkin hindari menggunakan transportasi umum saat ke mal karena meningkatkan risiko penularan. Gunakan kendaraan pribadi atau moda transportasi privat seperti taksi atau ojek daring. Saat menaiki ojek daring pastikan untuk menggunakan helm sendiri.





About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.