Sarapan yang Baik dan Bernutrisi untuk Tubuh

  • Minggu, 21/06/2020 - 08:09 WIB
Sobat Souja, sarapan merupakan bagian penting dari kehidupan. Saat ingin menurunkan berat badan, sobat tentu harus memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Hal ini berguna untuk menjaga tubuh tetap sehat dan berat badang terjaga. Memilih sarapan yang tepat menjadi salah satu pilihan yang baik.

Penelitian dari National Weight Control Registry memperlihatkan bahwa ada 78 persen orang yang mampu menurunkan berat badan dan menjaganya, mengonsumsi sarapan setiap hari. Sarapan adalah konsumsi pertama saat memulai aktivitas di pagi hari. Sarapan seperti dasar dan sumber kekuatan untuk beraktivitas sehingga menu sarapan harus diisi oleh makanan yang terbaik.

Sarapan yang biak kalau bisa mengandung beberapa hal, seperti makanan yang tinggi protein, rendah lemak tidak sehat, kaya serat, dan rendah kalori. Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut menu sarapan yang baik untuk menurunkan badan:

1. Telur
ilustrasi telur
source: dairipers.com
 
Telur adalah makanan dengan sumber protein dan nutrisi sehat yang baik untuk tubuh. Dikutip dari Eat This, sebutir telur mengandung 6 gram protein. Konsumsi telur di pagi hari dapat memberikan tenaga sekaligus membakar lemak. Pasalnya, telur mengandung kolin yang berfungsi untuk memberantas lemak.

2. Dada Ayam
ilustrasi dada ayam
source: blogger
 
Dada ayam yang tinggi akan protein baik dikonsumsi di pagi hari. Takaran 100 gram dada ayam mengandung sekitar 18 gram protein. Untuk nutrisi terbaik konsumsi dada ayam rebus dan lengkapi dengan sayuran sebagai sumber serat.

3. Alpukat
ilustrasi alpukat
source: tribunnews
 
Alpukat kaya serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk nutrisi di pagi hari. Penelitian menunjukkan alpukat mengandung asam lemak yang terbukti mengurangi lemak di perut. Alpukat dapat dikreasikan sebagai isian roti atau sandwich dan juga salad.

4. Pisang
ilustrasi pisang
source: grid.id
 
Pisang adalah makanan yang baik dikonsumsi di pagi hari. Buah ini bisa menjadi sumber tenaga dan serat sekaligus. Satu buah pisah mengandung 14 gram gula dan 3 gram serat. Pisang juga kaya akan kalium yang penting untuk menjaga cairan di dalam tubuh dan menjaga tekanan darah.

5. Bayam
ilustrasi bayam
source: viva.co.id
 
Bayam merupakan sayuran hijau rendah kalori dan tinggi serat yang baik untuk pagi hari. Bayam juga merupakan sumber omega-3 dan folat nabati yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan osteoporosis.

Sobat Souja, makanan ini juga bisa dikombinasikan sehingga makin kaya nutrisi. Namun, jumlah kalorinya juga harus disesuaikan sehingga rencana diet bisa terjaga. Sobat bisa tetap menjaga berat badan dan tetap bernutrisi. Jangan lupa Sarapan, ya, Sobat!

source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.