Mengatasi Biduran Dengan Oatmeal

  • Senin, 22/06/2020 - 04:42 WIB
Sobat Souja, saat alergi tertentu datang, ada yang mengalami biduran. Biduran terkadang sangat mengganggu karena gatal dan bentol ada di seluruh tubuh. Selain dengan obat alergi, biduran ternyata bisa diatasi dengan larutan oatmeal. Larutan oatmeat dipercaya bisa menenangkan kulit yang gatal dan dapat mengurangi iritasi.

Oatmeal banyak dikenal bisa menenangkan kulit iritasi. Campuran oatmeal pun ada dalam lotion dan sabun mandi yang dijual bebas. Oatmeal pun bisa mengatasi biduran ini. Bahannya hanya dengan oatmeal bubuk dan bak mandi atau bathtub untuk mendapat efek positifnya. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan mandi dengan larutan oatmeal, atau mengaplikasikan cairan oatmeal langsung pada kulit dengan kain atau kapas.

1. Mandi dengan larutan oatmeal
ilustrasi oatmeal
source: jawapos.com
 
Sobat membutuhkan oatmeal koloid untuk mengatasi biduran. Oatmeal ini adalah oatmeal yang sudah digiling halus dan larut dalam air. Sobat bisa dapat membeli atau bisa membuat sendiri. Untuk membuat sendiri, sobat bisa menggiling gandum utuh menggunakan blender. Kemudian, sobat bisa mengetes kualitas gilingan dengan mencampur 1 sdm oatmeal koloid ke air panas. Oatmeal harus bia bercampur dengan air dan ada sedikit sisa oatmeal yang akan menetap di bagian bawah cangkir. Sobat juga bisa pertimbangkan penggunaan gandum organik untuk mengurangi kemungkinan iritasi, tetapi tidak disarankan menggunakan oatmeal instan.

Kalau oatmeal koloid itu sudah siap, sobat bisa lanjut ke tahap berikutnya. Siapkan air dalam bathtub, lalu campur 4-12 ons oatmeal koloid ke dalam bathtub. Saat sobat Mandi oatmeal tentu akan membuat tubuh terasa berlendir. Untuk mengatasinya, tambahkan satu atau dua tetes minyak esensial lavender ke dalam air. Jangan oleskan minyak esensial langsung ke kulit. Lavender telah lama digunakan banyak orang untuk mengatasi masalah kulit.

2. Mengaplikasikan langsung pada kulit
ilustrasi oatmeal
source: line today
 
Selain mandi oatmeal untuk mengatasi masalah kulit, sobat bisa melakukan cara lain. Sobat bisa membuat larutan oatmeal yang lebih sederhana untuk diaplikasikan langsung pada kulit dengan bantuan kain atau kapas. Caranya adalah dengan masak oatmeal di atas kompor layaknya untuk sarapan. Namun, tambahkan takaran air dari biasanya.

Setelah selesai, saring oatmeal yang telah dirasa matang serta pisahkan oatmeal dan sari atau cairannya. Simpan sari atau cairan oatmeal yang telah matang tersebut. Saat cairan mulai mendingin, aplikasikan pada kulit dengan menggunakan kain atau kapas.

Sobat bisa melakukan hal-hal ini untuk mengatasi biduran. Selain untuk sarapan, oatmeal memang baik untuk kulit terutama kalau iritasi. Selamat mencoba, sobat!

source: cnnindonesia.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.