Sobat Souja tau gak sih kalau proses rekrutmen kerja perusahaan sekarang ini selama adanya wabah virus Covid-19 sudah mulai menggunakan online interview. " />

Dipanggil HRD Untuk Interview Online? Simak Tips Persiapannya

  • Senin, 22/06/2020 - 04:43 WIB
Sobat Souja tau gak sih kalau proses rekrutmen kerja perusahaan sekarang ini selama adanya wabah virus Covid-19 sudah mulai menggunakan online interview. Pada umumnya interview dilakukan dengan tatap muka secara langsung, namun di era digital seperti sekarang ini banyak perusahaan yang telah menggunakan sistem online yang lebih praktis. Di mana hal tersebut dapat memudahkan para pelamar yang berada di luar kota sekalipun. Selain itu, online interview juga lebih menghemat waktu dan biaya. Nah, supaya Sobat Souja berhasil dalam menghadapi online interview kerja, pastikan Sobat memperhatikan hal-hal berikut ini dulu, ya!
 
1. Pilihlah Tempat Yang Tepat
 
location
Source : hipwee.com
Pastikan tempat atau ruangan jauh dari keramaian saat ingin mengikuti online interview. Jika Sobat Souja sedang di rumah, perhatikan ruangan yang Sobat gunakan. Utamakan kerapihan, ketenangan, serta cahaya sekitar yang tidak terlalu terang ataupun gelap supaya perekrut bisa melihat Sobat Souja dengan jelas. Kalau bisa pilih latar belakang yang polos dan tidak mencolok. Tujuannya agar interviewer bisa fokus menatap ke arah Sobat, bukan ke ruangan sekitar.
 
2. Cek Koneksi Internet
 
wifi
Source : thomasnet.com
Cek wi-fi dan baterai handphone atau laptop yang Sobat Souja gunakan. Bila internet bersumber dari pulsa data, sebaiknya periksa ketersediaan kuota agar jangan sampai kehabisan di tengah jalan. Jangan lupa periksa juga fitur-fitur pendukung lainnya, seperti kamera, speaker,  headset, dan lainnya. Hal ini penting diperhatikan agar tidak terjadi miscommunication atau kesalahpahaman. Koneksi internet yang lancar juga akan memudahkan kamu dalam memahami dan menjawab serangkain pertanyaan dari interviewer.
 
3. Perhatikan Penampilan
 
look
Source : akamaized.com
Walaupun tidak bertemu langsung dengan si pewawancara, bukan berarti Sobat Souja mengabaikan penampilan saat mengikuti online interview. Sebaiknya pelamar mengenakan pakaian formal yang rapi dan sopan layaknya menghadiri interview di kantor. Ini akan memberikan kesan serius dan professional. Para interviewer biasanya kurang tertarik dengan pelamar yang tidak memperhatikan penampilannya atau tidak rapi meski sedang melakukan online interview. Hal ini juga bisa membuat rasa percaya interviewer menjadi berkurang terhadap Sobat Souja.
 
4. Jaga Posisi Dan Bahasa Tubuh
 
gesture
Source : lokerbali.id
Sebelum melakukan interview, pastikan posisi duduk Sobat Souja sudah dalam keadaan nyaman, tegak, dan tenang. Buat agar interviewer dapat menatap Sobat dengan lurus dan jelas. Tatap ke arah kamera, bukan ke layar handphone atau laptop. Tidak jarang orang menatap lawan bicaranya dari layar handphone atau laptop. Padahal, supaya dapat melakukan kontak mata, Sobat Souja harus menatap ke arah kamera. Tetap pasang wajah yang bersemangat dan antusias, ya!
 
5. Siapkan Catatan Kecil
 
notes
Source : job-like.com
Ini adalah kelebihan dari online interview, yaitu Sobat Souja bisa menyiapkan catatan pendukung terkait pertanyaan-pertanyaan yang umum disampaikan interviewer. Namun perlu diingat, jangan terlalu berpaku pada catatan hingga lupa menatap kamera. Karena ini dapat menyebabkan Sobat Souja kehilangan fokus dan konsentrasi. Tidak hanya itu, Sobat juga perlu menyiapkan kertas dan pulpen supaya bisa mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh interviewer.

Itu dia beberapa tips yang bisa Sobat Souja lakukan dan perhatikan kembali sebelum menghadapi interview online. Semoga tips tadi dapat bermanfaat ya dan Sobat bisa diterima di perusahaan yang diinginkan, goodluck!

Sumber Artikel : Glints.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.