Racikan Teh Untuk Meredakan Sakit Perut

  • Selasa, 23/06/2020 - 07:26 WIB
Sobat Souja, teh memang dikenal bisa mengobati banyak hal dan menjadi obat tradisional tertua di dunia. Penyakit ringan seperti sakit perut memang bisa diredakan dengan teh. Hal ini dibutuhkan racikan yang tepat. Teh memang membawa banyak manfaat. Daun hijau dengan sari-sarinya mengandung banyak zat gizi mikro yang bauk untuk sistem pencernaan dan bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum teh bisa menurunkan risiko kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Dengan racikan tepat, hal ini tentu menjadi khasiat yang baik untuk tubuh dan hanya dengna meminum airnya.

Dilansir dari cnnindonesia.com, berikut racikan teh yang bsia untuk meredakan sakit perut:

1. Teh jahe
ilustrasi teh jahe
source: kompas.com
 
Air jahe yang direbus bisa membantu meredakan gejala sakit perut, gangguan pencernaan, mabuk perjalanan, dan mual. Kandungan gingerol, komponen utama dalam jahe tersebut dapat meningkatkan daya tanggap atau reaksi pencernaan. Selain itu, gingerol bisa membantu mengatasi perut kembung.

2. Teh hijau
ilustrasi teh hijau
 
Teh hijau bisa berguna untuk meredakan gas dalam perut, diare, sakit perut, kembung, serta bisul perut. Teh hijau juga dapat meningkatkan metabolisme sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

3. Teh hitam
ilustrasi teh hitam
source: kompas.com
 
Teh hitam adalah teh yang paling populer di Indonesia. Seduhan daun teh hitam sudah tak bisa dipisahkan dari orang Indonesia. Daun teh ini dapat meningkatkan kesehatan usus. Teh hitam mengandung mikronutrien yang disebut polifenol. Zat ini dapat membunuh bakteri berbahaya, meningkatkan pertumbuhan bakteri baik, dan memperbaiki lapisan saluran pencernaan.

4. Teh sereh
ilustrasi teh sereh
source: grid.id
 
Teh sereh atau serai dapat mengatasi masalah pencernaan, kram perut, dan gejala PMS. Sereh mengandung minyak atsiri yang melindungi lapisan perut. Selain itu, sereh juga memiliki sifat antimikroba juga dapat menenangkan peradangan, sakit pada gigi berlubang, dan infeksi mulut.

5. Teh kemangi
ilustrasi teh kemangi
source: pikiran-rakyat.com
 
Daun kemangi juga bisa dijadikan teh untuk meredakan sakit perut. Teh kemangi dapat mengatasi gejala diare, mual, dan muntah. Daun kemangi juga mengandung adaptogen atau zat yang dapat meredakan stres.

Sobat Souja bisa menggunakan racikan-racikan ini untuk meredakan sakit perut. Racikan teh ini bisa diminim saat mulai merasakan gejala pertama sakit perut. Selamat mencoba!

source: cnnindonesia.com




About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.