Hai Sobat Souja, pergantian tahun baru China jatuh pada hari jumat ini. Di mana pada tahun ini merupakan tahun kerbau yang dipercaya membawa keberuntungan. " />

Rayakan Tahun Baru Imlek Meski #DiRumahAja

  • Jumat, 12/02/2021 - 09:55 WIB
Hai Sobat Souja, pergantian tahun baru China jatuh pada hari jumat ini. Di mana pada tahun ini merupakan tahun kerbau yang dipercaya membawa keberuntungan. Tahun baru China atau Chinese New Year juga biasa disebut sebagai imlekan atau sincia. Di Indonesia, hari Imlek menjadi hari libur nasional dan dirayakan di banyak daerah. Biasanya tradisi Imlek selalu dirayakan dengan dekorasi ornamen merah, menerbangkan lampion, mengunjungi kerabat dekat, dan acara menarik lainnya. Namun, sayangnya hari raya Imlek tahun ini kita tidak bisa melakukan beberapa perayaan Imlek akibat pandemi. Tapi, tidak perlu khawatir, ada banyak kegiatan yang dilakukan #DiRumah Aja. Penasaran kegiatan seperti apa saja sih yang bisa kalian lakukan? Yuk, langsung kita simak bersama aja di bawah ini!
 
imlek di rumah
Source: amazonaws.com
 
1. Menggunakan Dresscode Serba Merah
Baju warna merah menjadi salah satu perlengkapan wajib saat Tahun Baru Imlek. Warna merah menggambarkan kegembiraan, maka dari itu makna Imlek menggunakan baju warna merah menyimbolkan kehidupan manusia seperti kembali baru. Pemilihan warna merah pada saat Tahun Baru Imlek ini sudah menjadi sejarah Imlek selama lebih dari 2.000 tahun. Selain merah, warna emas atau kuning juga banyak dilibatkan dalam elemen pernak pernik Imlek. Meskipun Imlek tahun 2021 ini dirayakan di rumah, bukan berarti Sobat nggak bisa berdandan dan menggunakan dresscode serba merah, lho!

2. Dekor Rumah Dengan Hiasan Imlek
Tujuan perayaan Imlek yang satu ini dilakukan untuk membuang hal negatif dan keburukan yang ada di dalam rumah. Sehingga, rumah dapat mendatangkan lebih banyak keberuntungan atau hal positif. Biasanya rumah akan dihiasi dengan ornamen khas Imlek, seperti lampion dan angpao. Tidak lupa dengan juga ucapan Imlek Gong Xi Fat Chai yang menghiasi dinding atau pintu depan rumah.

3. Dinner Bersama Di Malam Imlek
Dalam menyambut Tahun Baru Imlek, ada satu tradisi yang tidak boleh dilewatkan oleh etnis Tionghoa, yaitu makan malam reuni. Tradisi ini biasanya dilakukan pada malam Tahun Baru Imlek. Diyakini sebagai malam paling penting tahun ini. Tujuan perayaan Tahun Baru Imlek ini ialah sebagai ungkapan kebersamaan dan keutuhan keluarga sehingga makan malam adalah bagian yang paling penting dari perayaan Tahun Baru Imlek. Sobat bisa menyiapkan makanan seperti hotpot atau steamboat yang identik dengan tradisi makan malam Imlek. Selain itu, Sobat juga bisa memutar lagu Imlek yang pelan sehingga suasana dapat lebih terasa.

4. Menonton Tarian Barongsai Online
Salah satu tradisi Imlek yang jangan terlewat adalah menonton pertunjukkan barongsai bersama orang tersayang. Jika sebelumnya Sobat suka menonton pertunjukan barongsai di Mall, kali ini di hari Imlek 2021, hal tersebut tidak bisa dilakukan. Tapi jangan khawatir, Sobat masih bisa menonton tarian barongsai online bersama keluarga dan kerabat. Ada banyak pertunjukan barongsai online yang dapat Sobat saksikan di YouTube. Bahkan ada beberapa negara yang menyelenggarakan streaming tarian barongsai secara online yang bisa kalian lihat, lho!

5. Kirim Hadiah Imlek dari Jauh
Arti Imlek bukan hanya momen berkumpul dengan keluarga, tapi lebih dari itu, Imlek merupakan juga momentum untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang. Pada hari Imlek, satu kado Imlek yang paling populer yaitu angpao. Tapi seiring berjalannya waktu, hadiah untuk Imlek tak hanya angpao saja. Banyak dari mereka yang kerap memberikan hampers Imlek atau parcel Imlek berupa makanan sebagai bingkisan Imlek. Selain makanan, Sobat bisa juga memberikan barang. Namun untuk memilih barang sebagai hadiah Imlek, Sobat harus tahu dengan baik gaya hidup orang yang akan diberikan hadiah. 
 
sinca di rumah
Source: kompas.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa tradisi kegiatan yang bisa tetap kalian lakukan untuk menyambut perayaan tahun baru imlek 2021 meskipun di tengah situasi pandemi Covid-19 dan mengharuskan Sobat bersama keluarga di rumah saja. Menarik bukan? Jadi tidak ada salahnya ya jika kalian menerapkan contoh kegiatan di atas. Semoga di tahun baru imlek kali ini keinginan dan harapan kita semua bisa terwujud ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Traveloka.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.