Resep Taro Balls Kenyal dan Manis

  • Sabtu, 13/02/2021 - 13:43 WIB
Hai, Sobat Souja! Ada banyak sekali makanan yang disajikan saat perayaan Imlek atau menyambut Tahun Baru Cina, salah satunya adalah taro ball (yu yuan) atau bola-bola talas. Taro ball merupakan makanan yang terbuat dari talas dan ubi ungu yang dihaluskan, disajikan sebagai kudapan manis saat berkumpul dengan keluarga. Teksturnya kenyal lengkap dengan siraman kuah manis.

Taro ball sendiri sebenarnya merupakan makanan khas Taiwan dan sering disajikan saat Imlek karena memiliki makna kebersamaan, reuni dan kesuksesan karir. Taro ball mirip dengan tang yuan atau wedang ronde yang juga jadi makanan khas saat Imlek. Jika ingin membuatnya, simak resepnya berikut ini.

Bahan:

200 gr talas, kupas
100 gr ubi ungu, kupas
100 gr ubi kuning, kupas
2 sdm tepung tapioka
gula pasir secukupnya
air secukupnya

Bahan kuah:

1 ruas jahe
4 sdm gula merah
sejumput garam
air secukupnya

Cara Membuat:

1. Potong-potong kecil talas dan ubi, pisahkan pada tiga wadah yang berbeda. Kukus selama 20 menit atau hingga matang dan empuk.
2. Angkat dan haluskan talas selagi panas. Tambahkan 2 sdm gula pasir. Campurkan dan bulatkan adonan ketika sudah halus merata.
3. Haluskan pula ubi ungu dan ubi kuning, masing-masing tambahkan 1 sdm gula pasir dan 1 sdm tepung tapioka. Aduk dan campurkan hingga merata.
4. Gulung adonan memanjang dan potong-potong adonan talas dan ubi kurang lebih 1 cm. Taburkan tepung tapioka seperlunya agar tidak lengket dan saling menempel.
5. Rebus air, tambahkan 1 sdm gula pasir. Masukkan talas dan ubi yang sudah dipotong-potong kecil dan rebus hingga mengapung atau matang. Angkat.
6. Untuk kuah, rebus jahe, gula merah dan garam dengan air secukupnya. Jika sudah mendidih, angkat.

Sajikan taro ball dengan kuah jahe di dalam mangkuk dan siap dinikmati saat Imlek. Meskipun hari-hari biasa selain
Imlek juga bisa dibuat sendiri dan dinikmati bersama keluarga.

Sumber: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.