Sobat Souja, tahukah kalian? Jika seiring waktu, pasar berkembang di berbagai tempat. Sebagian di antaranya masih bertahan berabad lamanya. Di Jakarta " />

Memasuki Umur 200 Tahun, Pasar Baru Kian Berkembang!

  • Sabtu, 27/03/2021 - 10:21 WIB
Sobat Souja, tahukah kalian? Jika seiring waktu, pasar berkembang di berbagai tempat. Sebagian di antaranya masih bertahan berabad lamanya. Di Jakarta, pasar semacam itu terletak kawasan di Jakarta Pusat. Bernama Pasar Baru, pasar ini merupakan pasar tertiga tertua di Jakarta setelah Pasar Senen dan Tanah Abang. Pasar ini mempertemukan orang-orang dari berbagai ras di Batavia. Mulai warga Tionghoa, India, Eropa, sampai Melayu berdagang di Pasar Baru. Beberapa toko tersebut masih bertahan. Sebagai contoh, toko Lee Ie Seng. Toko ini berdiri sejak 1873 dan menjual berbagai perlengkapan sekolah dan alat jahit.
 
pasar baru
Source: blogspot.com
Memasuki usianya yang sudah 200 tahun, tempat yang dulu bernama Passer Baroe ini terus menghadapi berbagai tantangan. Munculnya berbagai tempat belanja baru hingga bencana kebakaran yang berulang kali menimpa adalah sebagian dari percikan yang terjadi di sana. Namun, itu semua nyatanya masih mampu diatasi oleh daerah yang ujung selatannya berbatasan langsung dengan Gedung Kesenian Jakarta tersebut. Pasar baru terkenal dengan khas bangunannya yang masih kokoh meskipun terasa sangat jadul.

Tantangan terberat bagi Pasar Baru sekarang adalah Covid-19. Sama seperti kawasan belanja lain, toko-toko di Pasar Baru mulai sepi pengunjung. Tukang bajaj yang biasa mangkal di sana pun kehilangan penumpang. Melihat kondisi Pasar Baru terkini memang bukan seperti biasanya. Namun, keyakinan agar tempat itu tetap bertahan masih terus ada. Salah satu faktornya adalah pengalaman para pedagang di sana yang telah puluhan tahun diterjang berbagai kendala, tapi mereka terus mampu beradaptasi dan hidup hingga saat ini.
 
sejarah pasar baru
Source: tstatic.net
Nah, walaupun saat ini kondisi Ibukota masih dilanda oleh wabah virus Covid-19, namun para pedagang tetap mempertahankan mata pencahariannya dengan berjualan di pasar baru. Memasuki usianya yang kini sudah beranjak 200 tahun, tentunya pasar baru ingin selalu menjadi pusat perbelanjaan bagi para konsumennya dan terus mempertahankan eksistensinya di pasar ekonomi Indonesia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Historia.id
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.