Sobat Souja, di tengah masa pandemi saat ini tentunya kita menjadi lebih aktif untuk berkreasi membuat suatu kegiatan di dapur bukan? Meskipun #DiRumahAja " />

Cobain Resep Choco Lava Cake Kukus Lumer Yuk!

  • Sabtu, 27/03/2021 - 10:22 WIB
Sobat Souja, di tengah masa pandemi saat ini tentunya kita menjadi lebih aktif untuk berkreasi membuat suatu kegiatan di dapur bukan? Meskipun #DiRumahAja, untuk mengusir rasa bosan  Sobat bisa membuat cemilan yang bisa disantap bersama keluarga lho! Wah, apa itu? Ya, salah satu yang bisa jadi pilihan ide camilan adalah choco lava cake kukus. Selain mudah dibuatnya, kue dengan lelehan cokelat di tengahnya hampir membuat siapa saja enggan menolak, tak terkecuali anak. Bahan yang dibutuhkan juga mudah kok dan bisa ditemukan di toko-toko terdekatmu. Penasaran gimana cara membuatnya? Yuk, langsung aja kita simak resepnya di bawah ini!
 
choco lava cake kukus
Source: kosher.com
 
Bahan Yang Dibutuhkan:
- 100 gram bubuk cokelat atau cocoa
- 4 sdm margarin yang sudah dilelehkan
- 4 sdm gula pasir
- 2 butir telur
- 6 sdm tepung terigu
- Air hangat secukupnya
- Gula halus secukupnya
- Daun mint
 
Cara Membuat Choco Lava Cake Kukus:
1. Panaskan kukusan terlebih dulu sampai panas.
2. Masukkan bubuk cokelat ke dalam mangkuk. Lalu campurkan dengan 2-3 sendok air hangat. Aduk hingga bubuk cokelat menjadi kental, sisihkan.
3. Pada mangkok lainnya, lalu masukkan gula dan telur. Kocok hingga tercampur. Setelah itu masukkan tepung terigu, aduk rata.
4. Selanjutnya, masukkan lelehan cokelat yang tadi sudah dibuat ke dalam adonan tepung, gula, dan telur tadi sampai merata. Masukan lelehan margarin ke dalam adonan, lalu aduk lagi.
5. Oles loyang cetakan kue yang berbentuk mangkuk dengan margarin, lalu tuangkan adonan cokelat ke dalam loyang hingga hampir penuh.
6. Kemudian masukkan ke dalam kukusan dan kukus dengan api sedang. Tunggu sekitar 7-10 menit.
7. Setelah itu, angkat loyang kue tadi dan tunggu 5 menit. Keluarkan kue dari loyang secara perlahan di atas piring.
8 Untuk sentuhan terakhir, taburkan gula halus atau bubuk cokelat, serta daun mint di atasnya. Sajikan selagi masih hangat ya!

Gimana Sobat Souja? Mudah bukan? Meskipun pada umumnya hidangan dessert choco lava cake ini sering disajikan dengan cara dioven, namun ternyata hanya dengan menggunakan kukusan saja Sobat juga bisa menghasilkan sajian ini dengan hasil yang sama seperti di restaurant lho. Walaupun memang ada sedikit perbedaan pada tekstur diluarnya, yang mana chocho lava cake oven memiliki tekstur permukaan yang agak lebih garing ketimbang kukus. Nah, untuk melengkapi hidangan ini taruh satu scoop es krim vanilla untuk menambah kelezatan ya, selamat mencobanya Sobat Souja!

Sumber artikel: Kumparan.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.