5 Aroma Terbaik untuk Atasi Gangguan Tidur

  • Sabtu, 27/03/2021 - 10:21 WIB
Sobat Souja, gangguan tidur merupakan permasalahan kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Salah satu metode ampuh untuk menghindari gangguan tidur adalah menciptakan lingkungan yang nyaman agar tenang saat tidur seperti diantaranya mengatur suhu ruangan, pencahaan, mematikan ponsel atau menghirup aroma - aroma tertentu. Faktanya, menurut para pakar aromaterapi, memang ada beberapa aroma yang bisa membuat kita tidur lebih nyaman dan nyenyak. Berikut beberapa aroma yang diyakini bisa membantumu tidur lebih cepat di malam hari, seperti dihimpun dari Kompas.com, 


Lavender 
 
  
 
Kekuatan aroma lavender memang terkenal mampu membantu orang untuk tidur nyenyak. Aroma ini membagikan molekul yang dapat membuat tubuh rileks dan pikiran lebih tenang. Aroma lavender juga dapat membantu kita bernapas lebih dalam dan tenang. Kondisi itu membuat kita lebih mudah untuk beristirahat. Selain menyebarkan aroma minyak esensial lavender, kamu juga bisa menggunakannya dengan cara lain seperti membeli semprotan bantal aroma lavender, minum teh lavender, hingga mandi dengan produk-produk beraroma lavender. 


Mawar 
 
  
 
Penelitian mengungkapkan bahwa aroma mawar dapar secara alami memberikan efek menenangkan dan membantu menurunkan tingkat stres. Penelitian juga menemukan bahwa aroma ini bisa meningkatkan kemampuan belajar ketika kita tidur. Jadi, jika kamu punya jadwal presentasi kerja di keesokan harinya, meletakkan buket bunga mawar di samping tempat tidur mungkin bisa membantu otakmu menyerap materi lebih mudah sekaligus menenangkan saraf ketika tidur. 


Melati
 
  
 
Cobalah meletakkan beberapa kelopal bunga melati yang lembut dan beraroma manis ini di kamar tidurmu dan kamu akan merasakan efek yang cukup mengejutkan. Orang yang menghirup aroma melati saat mereka tidur diyakini mengalami efisiensi tidur yang lebih baik, pergerakan yang lebih sedikit selama tidur, hingga kualitas tidur yang lebih baik secara keseluruhan. Bahkan, aroma ini disebut memiliki efek yang lebih kuat daripada lavender. 


Chamomile 
 
  
 
Aroma chamomile cukup kuat untuk membantu menenangkan pikiran dan tubuh, inilah yang menjelaskan mengapa teh chamomile sangat cocok untuk diminum sebelum tidur. Chamomil memiliki sifat anti-peradangan dan anti-spasmodik, jadi akan sangat membantu menenangkan sistem saraf, terutama ketika kita sedang stres. 


Vanila 
 
  
 
Aroma vanila terkenal manjur untuk memberikan efek menenangkan. Kamu juga bisa mencobanya untuk menemani tidur. Bahkan, seseorang yang mencium aroma vanila saat menyelesaikan tes stres memiliki denyut jantung yang lebih stabil dan angka tekanan darah yang lebih baik daripada orang-orang yang menjalani tes stres di ruangan tanpa pengharum beraroma vanila. 


Apapun wewangian yang paling kamu sukai, ada banyak cara yang bisa kamu coba untuk tidur bersama aroma tersebut. Misalnya, menaruh lilin beraroma dan meletakannya di kamar tidur. Namun, pastikan meniupnya sebelum kamu tertidur agar tidak menyebabkan kebakaran. Kamu juga bisa memasukkan beberapa tetes minyak esensial ke alat diffuser atau humidifier, kemudian menyemprotkannya ke bantal sebelum tidur atau menaburkan beberapa tetes pewangi ke saputangan lalu menyelipkannya di bawah bantal. Selamat mencoba!


Sumber: Kompas.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.