Kerap dianggap Tak Berguna, Rupanya Melamun Punya 5 Manfaat ini

  • Senin, 29/03/2021 - 10:35 WIB
Sobat Souja, melamun kerap disebut sebagai aktivitas tak berguna. Entah sekedar berkhayal  masa depan atau melamun soal masa lalu. Kendati demikian, rupanya melamun punya manfaat tak terduga seperti dikutip CNN Indonesia menurut seorang profesor psikologi di New York University, Gabriele Oettingen. Apa saja? simak yuk!


Lebih Bahagia
Kerja dari kantor atau dari rumah, stres bisa tetap menghantui. Melamun akan membantu meningkatkan suasana hati sehingga ada rasa lebih positif. Sesi kerja yang intens perlu jeda sehingga pekerjaan dapat dikerjakan dengan suasana hati yang nyaman.


Mengurangi Kecemasan
Melamun rupanya dapat membantu mengurangi rasa cemas. Pada sebuah studi pada 2016 dari University of British Columbia, peneliti menemukan bahwa membiarkan pikiran mengembara bebas akan membelokkan otak dari pikiran-pikiran negatif. Ini juga termasuk rasa cemas.


Meningkatkan Kreativitas
Makin keras Sobat memikirkan dan mencari ide, justru  malah semakin kesulitan mendapatkannya. Malah ide datang di saat idak fokus mencari dan membiarkannya tiba-tiba datang. Oleh karenanya, saat melamun maka pikiran kita dapat menghubungkan sesuatu sedikit lebih jauh. Kita bisa menyatukan hal-hal yang biasanya tidak akan kita hubungkan. 


Semakin Produktif
Meski kerap dikaitkan dengan kemalasan dan aktivitas yang kontra produktif, nyatanya melamun membantumu meningkatkan produktivitas. Biarkan lamunan selama beberapa menit memberi jeda di tengah tumpukan pekerjaan atau saat situasi di mana kamu terus mengerjakan hal serupa nyaris seharian. Melamun akan membantu meningkatkan suasana hati sehingga semakin besar peluang untuk lebih produktif.


Menguatkan Hubungan dengan Pasangan
Saat kita berimajinasi soal sesuatu dengan detail, jelas dan bahkan jika kita bisa melibatkan sensasi yang lain, otak kita tidak membedakannya dari realitas. Jika kita membayangkannya dengan sepenuh hati relasi kita dengan seseorang, rasanya kita seperti merasaka nnya secara nyata. Studi pada 2016 melihat apakah lamunan bisa menggantikan si dia yang tidak ada di samping kita. Hasilnya, lamunan bisa meningkatkan rasa cinta, koneksi dan rasa memiliki. Artinya, jika Anda tidak bisa berjumpa langsung dengan teman atau pasangan saat ini, melamun bisa membantu menjaga relasi dengannya tetap kuat.


Sumber: CNN Indonesia


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.