Hai Sobat Souja, tahukah kalian bagi sebagian banyak orang memiliki hiasan untuk dapat mempercantik tampilan di sudut ruangan rumah sangat diperlukan lho " />

DIY: Cara Praktis Membuat Lampion Dari Bahan Kertas

  • Senin, 29/03/2021 - 10:35 WIB
Hai Sobat Souja, tahukah kalian bagi sebagian banyak orang memiliki hiasan untuk dapat mempercantik tampilan di sudut ruangan rumah sangat diperlukan lho. Adanya hiasan rumah membuat rumah menjadi tampak lebih indah dan menarik untuk dipandang. Hiasan yang senada dengan bentuk rumah dan terlihat unik, membuat penghuni rumah akan lebih betah. Hiasan rumah yang menarik dan unik tidak harus memiliki harga yang mahal. Hiasan-hiasan sederhana dapat kalian buat sendiri dengan bahan-bahan yang mudah dapatkan, seperti misalnya lampion yang terbuat dari bahan kertas. Lampion sendiri dipercaya sebagai simbol kebahagiaan dan harapan. Nah, dengan membuat kreasi lampion dari bahan kertas ini bisa kalian kreasikan secara mudah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
 
lampion kertas
Source: tstatic.net
 
Bahan Yang Dibutuhkan:
- Kertas kosong
- Kertas karton
- Lem
- Selotip bening
- Gunting
- Spidol warna-warni
- Tali atau benang untuk menggantung lampion
- Lilin elektronik yang berukuran kecil
 
Cara Membuat Lampion Kertas:
1. Buatlah pola gambar pada kertas kosong yang telah disiapkan. Gambar sesuai dengan keinginanmu menggunakan spidol warna-warni agar lebih menarik. Usahakan gunakan kertas putih polos agar cahaya lilin dapat menyala dengan terang.
2. Setelah itu, lipat kertas yang telah kalian gambar dengan pola seperti membuat kipas. Lipat secara vertikal dengan posisi awal berada diatas kemudian lipatan selanjutnya berada dibawahnya.
3. Satukan ujung-ujung kertas sehingga membentuk tabung. Lalu tempelkan kertas karton yang telah digunting berbentuk lingkaran. Tempel kertas karton pada sisi dasar kertas polos yang membentuk tabung tadi. Pastikan jika lemnya kuat. Sobat bisa gunakan lem kertas dengan ditambah selotip bolak-balik.
4. Setelah itu, buat lubang kecil pada bagian badan lampion untuk mengaitkan tali sebagai penggantungnya. Sobat perlu teliti agar 2 lubang yang berada di badan lampion sejajar. Sehingga saat digantung, lampion tidak miring.
5. Ikatkan tali pada lubang yang telah dibuat tadi. Tali ini berfungsi sebagai gantungan lampionmu.
6. Lalu tutup lampionmu dengan kertas karton yang sudah digunting berbentuk lingkaran sesuai dengan diameter lampionmu. Pada tutup lampion, beri lubang pada tengahnya agar tali bisa menembusnya sehingga bisa digantung. Sobat bisa beri lem pada tutup lampion agar tak mudah lepas namun jangan terlalu rapat agar lilin tetap menyala.
7. Kemudian masukkan lilin elektronik ke dalam lampion, dan lampion kertas siap digunakan!

Nah, lampion kertas hasil kreasimu sudah bisa dipajang di rumah deh Sobat Souja! Gimana, mudah bukan cara membuat lampion dari bahan kertas ini? Lampion kertas ini bisa kalian jadikan hiasan yang memperindah ruangan atau memberikan nuansa yang berbeda di dalam ruangan. Cukup dengan menggunakan peralatan mudah di atas, Sobat Souja sudah bisa membuatnya dengan mudah. Yuk, mari kreasikan hasil lampionmu sendiri Sobat Souja!

Sumber artikel: Liputan6.com
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.