Sobat Souja, di masa pandemi saat ini kalian perlu mempraktikkan etika batuk di mana saja dan kapan pun. Etika batuk ini penting dilakukan untuk meminimalkan penularan " />

Ketahui Etika Yang Baik Saat Batuk Di Depan Umum

  • Selasa, 30/03/2021 - 09:32 WIB
Sobat Souja, di masa pandemi saat ini kalian perlu mempraktikkan etika batuk di mana saja dan kapan pun. Etika batuk ini penting dilakukan untuk meminimalkan penularan penyakit. Batuk yang terjadi sesekali sebenarnya merupakan hal yang wajar, tetapi perlu diperhatikan secara etika. Batuk adalah bentuk respons tubuh yang alami karena adanya substansi asing yang masuk ke dalam sistem pernapasan. Refleks ini menjadi cara tubuh untuk mengeluarkan kotoran atau iritan yang mengganggu sistem pernapasan. Namun, batuk yang berlangsung secara menerus dapat menandakan terdapatnya masalah dalam sistem respirasi atau penyakit lainnya. Maka dari itu, Sobat perlu mengetahui beberapa macam alternatif cara yang baik saat tidak sengaja batuk di depan umum. Simak informasi lengkapnya di bawah ini ya!
 
batuk depan umum
Source: kompas.com
 
1. Menutup Hidung & Mulut Dengan Tisu
Jika Sobat hendak batuk, etika yang tepat adalah segera mengambil tisu untuk menutupi mulut dan hidungmu. Langsung buang segera tisu yang digunakan ke tempat sampah, sebelum tisu tersebut disentuh atau bahkan digunakan oleh orang lain. Batuk sendiri merupakan refleks yang terkadang sulit dikontrol. Ada kalanya saat kalian mau batuk tapi tidak sempat mengambil tisu untuk menutup mulut dan hidung. Maka batuklah pada bagian dalam lengan atasmu, jangan pada telapak tangan ya.

2. Menjaga Jarak Dengan Orang Lain
Ketika batuk, jangan lupa untuk memalingkan wajahmu untuk menjauhi orang-orang yang ada di sekitar. Etika batuk seperti ini dilakukan untuk memastikan tidak ada cipratan droplet yang mengenai tubuh atau wajah orang lain. Kuman penyakit yang dikeluarkan saat batuk bisa terlontar sejauh 1-2 meter lho.

3. Mencuci Tangan Menggunakan Sabun
Ingatlah untuk selalu mencuci tangan setelah batuk. Sebagian besar penyakit pernapasan berbahaya disebarkan karena dari sentuhan tangan yang terkontaminasi patogen ke bagian wajah. Etika mencuci tangan dengan benar adalah dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Cairan pembersih lain seperti sanitizer juga bisa digunakan asalkan mengandung alkohol dengan kosentrasi 60-95 persen. Selama mencuci tangan, pastikan Sobat membersihkan seluruh bagian telapak tangan, termasuk menggosok sela-sela jari.

4. Menggunakan Masker Saat Sakit
Terakhir, gunakan masker jika Sobat merasa sakit dan batuk terus-menerus. Penggunaan masker juga sebaiknya digunakan dengan tepat. Ganti masker secara berkala atau cuci dengan sabun yang mengandung disinfektan jika menggunakan bahan masker yang bisa dipergunakan ulang. Hindari menggunakan masker yang sudah kotor dan lembab karena justru dapat menjadi lingkungan yang kondusif untuk kuman penyakit berkembang biak.
 
etika batuk
Source: kompas.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam etika yang wajib kalian patuhi saat hendak mengeluarkan batuk di tempat umum. Hal ini dilakukan untuk menghindari kontak fisik dan menjaga jarak dengan orang lain sehingga mencegah penularan kuman penyakit. Etika batuk sebaiknya memang dilakukan kapapun dan dimanapun, sekalipun Sobat dalam keadaan sehat pun ya, semoga informasi di atas dapat bermanfaat!

Sumber artikel: Hellosehat.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.