Olahraga Sambil Nonton Film? Coba 3 Gerakan ini!

  • Rabu, 31/03/2021 - 09:29 WIB
Sobat Souja, pandemi melanda seluruh dunia dalam kurun waktu setahun terakhir. Sejak saat itu, sebagian besar orang lebih memilih untuk menghabiskan waktunya di rumah. Hal ini tentu membuat tubuh semakin jarang bergerak. Padahal, banyak cara untuk memasukkan aktivitas olahraga dalam keseharian kita. Duduk seharian bisa membuat persedian kaku. Menurut American College of Sports Medicine, orang dewasa harus melakukan latihan peregangan dua hingga tiga kali seminggu. Tetapi banyak dari kita merasa sulit untuk melakukan peregangan pada hari-hari yang penuh kesibukan ataupun saat tengah menikmati waktu luang melakukan aktivitas favorit, seperti diantaranya membaca buku atau menonton film. Melansir Kompas.com, berikut ini peregangan yang bisa kamu lakukan sambil menonton film dan atau serial televisi. Simak yuk! 


Peregangan Leher
 
  
 
Peregangan leher Ini adalah latihan peregangan yang sederhana namun sangat baik untuk leher, yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Seperti melakukannya saat naik pesawat untuk menghilangkan ketegangan karena duduk selama berjam-jam atau melakukan sambil duduk di meja kerja. Rilekskan bahu dan miringkan kepala dengan lembut ke satu bahu. Coba tahan selama tiga detik. Berhati-hatilah untuk tidak memaksakan diri terlalu jauh dan jika ini terasa tidak nyaman, hentikan peregangan. Kemudian miringkan kepala ke sisi lain, regangkan leher dengan lembut.  


Childs Pose 
 
  
 
Pose ini adalah cara yang bagus untuk mengakhiri peregangan dan merupakan posisi yang sangat nyaman. Gerakan ini tidak hanya dapat meredakan ketegangan di punggung bagian bawah, tetapi banyak juga yang menganggapnya efektif dalam mengurangi stres dan kecemasan. Berlutut di atas matras atau karpet dengan kedua lutut dibuka selebar pinggul dan kedua kaki berada di belakang. Duduklah di atas tumit (sebaik mungkin) dan lipat bagian tubuh atas ke depan, letakkan perut di atas paha. Rentangkan tangan di depan dan sandarkan dahi di lantai. Sobat akan merasakan regangan di bahu dan punggung, selain pinggul. Tekan dada dan bahu dengan lembut ke arah lantai untuk memperdalam peregangan. Tahan setidaknya 30 detik.


Triceps Stretch 
 
  
 
Agar bisa meningkatkan mobilitas lengan atas dan membantu mencegah otot tegang, regangkan otot trisep. Gerakan ini adalah peregangan yang sederhana dan efektif. Angkat satu lengan di atas kepala sambil berdiri dan tekuk siku untuk menjangkau ke belakang leher. Gunakan tangan yang bebas untuk mendorong lengan yang terangkat lebih jauh ke belakang kepala dengan lembut. Ulangi dengan lengan yang berlawanan. 


Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.