Waspada, Bunga Ini Beracun bagi Kucing

  • Senin, 05/04/2021 - 10:26 WIB
Hai, Sobat Souja! Selain anjing, hewan yang suka bermain-main dengan tanaman adalah kucing. Bukan pemandangan langka jika kita melihat kucing senang menggigit atau memakan kelopak bunga. 

Kebiasaan kucing memakan tanaman sebaiknya diperhatikan. Sebab, kebanyakan tanaman beracun dan berbahaya bagi kucing. 

Bunga lili atau bakung merupakan salah satu bunga yang sebaiknya tidak diletakkan di dekat kucing, karena bunga ini juga tergolong beracun. 

Menurut Tina Wismer, DVM, MS, DABVT, DABT, dokter hewan dan direktur senior di ASPCA Animal Poison Control Center, seluruh bagian bunga bakung tidak baik bagi kucing, mulai kelopak, daun, batang dan akarnya. 

Bahkan, mengendus serbuk sari atau meminum air dalam vas berisi bunga lili bisa berbahaya bagi kucing. 

Belum ada alasan pasti mengapa bunga lili beracun untuk kucing, namun dokter membuktikan baik tanaman maupun bunga lili berbahaya bagi hewan berkumis tersebut. 

Hal itu dikatakan Renee Schmid, DVM, DABVT, DABT, ahli toksikologi hewan yang bekerja di Pet Poison Helpline. 
"Kami tahu toksin larut dalam air dan menyebabkan gagal ginjal akut dan akhirnya menyebabkan kematian kucing," kata Schmid. 

Bunga lili yang paling berbahaya adalah dari spesies Lilium atau Hemerocallis. Selain itu, bunga lili lain yang perlu diwaspadai adalah:
- Bunga bakung paskah (easter lily) 
- Bunga lili Asia 
- Daylilies 
- Bunga lili Jepang 
- Bunga bakung merah (red lily) 
- Rubrum lily 
- Stargazer lily 
- Tiger lily 
- Western lily

Bunga lain yang mengandung nama "lily" bukan tergolong bunga lili, tetapi dapat berakibat fatal bagi kucing. 
Bunga-bunga seperti calla lily, glory lily, kaffir lily, atau peace lily dapat mengiritasi mulut dan tenggorokan kucing atau bahkan menyebabkan kelainan jantung. 

Namun, bukan hanya bunga bakung yang berbahaya bagi kucing. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui tanaman apa saja yang bisa diletakkan di tempat yang dapat dijangkau kucing, dan mana yang harus dijauhkan dari hewan itu.

Keracunan

Tanda-tanda umum keracunan termasuk muntah, diare, depresi, dan kejang. Dalam kasus yang parah, menelan tanaman beracun ini dapat menyebabkan gagal ginjal. Kucing yang keracunan bisa menjadi terlihat lebih lamban dan menolak makan, atau mulai banyak minum dan sering buang air kecil. 

Jika kita mengetahui kucing peliharaan telah memakan bunga lili atau terpapar bunga lili dan menunjukkan tanda-tanda di atas, kita perlu menghubungi dokter hewan dan kucing harus segera ditangani. 

Tidak ada cara yang ampuh untuk mengobati kucing yang keracunan bunga lili di rumah, jadi hubungi ahlinya secepat mungkin. 

"Jika diketahui lebih awal, gagal ginjal dapat dicegah dengan pengobatan agresif di rumah sakit hewan. Namun seringkali berakibat fatal jika pengobatan ditunda lebih dari 18 jam setelah konsumsi atau paparan," sebut Wismer. 

Mencegah kucing keracunan bunga lili 

Apabila memiliki kucing di rumah, pertimbangkan untuk menjauhkan seluruh tanaman lili dari rumah dan halaman. 
Kita bisa mempertimbangkan catnip, rumput kucing, atau tanaman lain yang aman untuk kucing yang senang mengunyah tanaman.

Sumber: Kompas.com


About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.