5 Rekomendasi Skincare yang Aman untuk Fungal Acne, Jamur Menghilang!

  • Kamis, 15/04/2021 - 12:33 WIB
Hai, Sobat Souja! Fungal acne adalah suatu kondisi kulit yang disebabkan oleh adanya Pityrosporum folliculitis atau Malassezia folliculitis. Selain di wajah, fungal acne juga muncul di bagian-bagian tertentu seperti, kulit kepala, bahu, dada, hingga punggung.

Meski begitu, kata "acne" yang berarti jerawat di sini, berbeda dengan jerawat yang umumnya disebabkan oleh bakteri. Sebab, fungal acne adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur yang terjadi pada folikel rambut.

Oleh karena itu, perawatan untuk mengatasi fungal acne gak bisa disamakan dengan erawat pada umumnya dan gak bisa sembarang pilih. Sebagai referensi, berikut adalah 5 rekomendasi skincare yang aman untuk fungal acne.

1. Cetaphil Gentle Skin Cleanser
 
d 
Sumber: Tokopedia 

Cetaphil Gentle Skin Cleanser sudah teruji secara dermatologi dan memiliki formula ringan serta pH yang seimbang. Face wash ini tidak memiliki busa berlebih dan parfum, sehingga sangat aman untuk segala jenis kulit, termasuk kulit dengan fungal acne sekalipun.

Face wash ini dilengkapi kandungan propylene glycol yang menjaga kelembapan kulit. Cetaphil Gentle Skin Cleanser terdiri dari bermacam-macam ukuran, mulai dari 125 ml yang dibanderol seharga Rp124 ribuan hingga 1 liter yang harganya Rp458 ribuan.

2. Skin1004 Madagascar Centella Toning Toner
 
d 
Sumber: Girl Behind the Glasses 

Bagi para pencinta skincare Korea Selatan, toner ini sudah tak asing lagi. Sesuai namanya, toner ini memiliki kandungan utama ekstrak Centella asiatica dan dilengkapi kandungan PHA (gluconolactone) serta asam Hyaluronic yang bagus untuk mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit.

Selain terbuat dari bahan alami, toner ini juga tidak mengandung paraben, mineral oil, pewarna buatan, dan alkohol sehingga aman untuk segala jenis kulit. Untuk mencoba toner ini, kamu bisa merogoh kocek sebesar Rp561 ribuan untuk ukuran 400 ml. 

3. Cathy Doll Gold Splash Essence with Bee Venom
 
d 
Sumber: El's beauty diary 

Essence ini memiliki kandungan utama, yaitu Gold Extract untuk mencerahkan kulit. Ada pula kolagen dan Bee Venom Extract yang menenangkan kulit, mengontrol minyak berlebih, dan mencegah permasalahan kulit lainnya.

Masih ada lagi kandungan Sea Grape Extract dan vitamin yang mampu melembutkan serta melembapkan kulit. Produk ini memiliki formula yang ringan sehingga mudah meresap ke kulit.

Produk yang dibanderol seharga Rp248 ribuan ini, juga tidak mengandung paraben, alkohol, dan mineral oil. Karenanya, ia aman untuk segala jenis  kulit. 

4. Sensatia Botanicals Wild Honey Day Barrier Cream
 
d 
Sumber: Jabar Express 

Kandungan unggulan dari seri produk lokal ini adalah madu dan propolis. Sensatia Botanicals Wild Honey Day Barrier Cream sendiri merupakan pelembap dengan madu yang diambil dari pantai timur Bali dan bahan lain yang mampu menutrisi dan menyehatkan kulit wajah.

Moisturizer yang dikemas dalam bentuk jar ini, memiliki tekstur seperti krim dengan aroma yang menenangkan. Jika tertarik mencoba, kamu bisa merogoh kocek sebanyak Rp240 ribuan untuk ukuran 65 ml.

5. Cosrx Aloe Soothing Sun Cream
 
d 
Sumber: Rima Angel 

Penggunaan sunscreen sangat diwajibkan kulit jenis apa pun, termasuk fungal acne. Salah satu rekomendasinya adalah sunscreen dari brand Cosrx yang memiliki kandungan SPF 50. Sunscreen ini mampu melindungi kulit saat beraktivitas di luar maupun dalam rumah.

Produk yang memiliki kandungan lidah buaya ini mampu menghidrasi kulit dengan baik dan meminimalisir adanya iritasi pada kulit. Untuk mencoba sunscreen dari Cosrx ini, kamu bisa membelinya seharga Rp199 ribuan.

Itu tadi 5 rekomendasi skincare yang aman untuk fungal acne. Semoga bisa menjadi referensi kamu, ya!

Sumber: IDN TIMES

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.