5 Camilan Sehat Saat Lapar Menyerang di Waktu Tengah Malam

  • Senin, 12/04/2021 - 09:17 WIB
Hai, Sobat Souja! Ketika lapar menyerang saat tengah malam, tentu ada dilema antara tidur tak tenang atau kenaikan berat badan. Namun sebenarnya, tidak ada yang salah dengan menyantap camilan jika Anda lapar di tengah malam, selama Anda memilih pilihan makanan sehat daripada junk food.

Faktanya, sebuah studi pada 2015 menemukan bahwa makan makanan kecil bergizi di malam hari bisa baik untuk tekanan darah, kolesterol, berat badan, dan resistensi insulin. Yang menjadi catatan, Anda bisa makan satu jam sebelum tidur kembali, agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan.

Berikut beberapa camilan larut malam yang sehat, seperti dikutip Insider.

1. Plain Greek Yoghurt
 
d 
Sumber: Eating Well 

Greek yoghurt dikemas dengan protein, kalsium, dan probiotik. Probiotik adalah bakteri sehat yang membantu Anda membangun mikrobioma usus yang sehat, yang dapat memengaruhi segalanya mulai dari pencernaan hingga kekebalan tubuh Anda.

2. Ceri
 
d 
Sumber: IDN Times 

Taburi mangkuk greek yoghurt Anda dengan beberapa buah ceri untuk mendapatkan manfaat tambahan. Ceri dapat membantu meningkatkan kualitas tidur karena mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur siklus tidur-bangun Anda.

3. Edamame
 
 d
Sumber:  DetikFood 

Edamame adalah sumber protein, serat, dan antioksidan rendah kalori. Ahli gizi di Long Island, Eleana Kaidanian menyarankan agar edamame dikukus atau dipanaskan dengan microwave, lalu dibumbui dengan sedikit perasan lemon atau kecap.

Dia mengatakan bahwa edamame juga bisa panggang, jika Anda lebih suka mengunyah sesuatu yang renyah.

4. Oatmeal
 
d 
Sumber: Lazada 
 
Oat adalah biji-bijian kaya serat yang dikaitkan dengan penurunan kolesterol, kontrol gula darah yang lebih baik, dan penurunan risiko kanker dan penyakit jantung. Kaidanian menyarankan memasak oat dengan air dan menambahkan biji chia ke dalamnya, untuk meningkatkan kandungan nutrisinya.

5. Selai kacang dan buah-buahan
 
d 
Sumber: SOCO 
 
Selai kacang mengandung protein dan lemak sehat. Anda dapat memilih selai kacang pilihan dan memasangkannya dengan buah-buahan seperti apel, pisang, atau beri.

Coba tambahkan sejumput kayu manis ke dalamnya untuk menambah rasa. Kayu manis adalah antioksidan kuat yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Itu juga dapat membantu meningkatkan kadar gula darah pada pasien dengan diabetes tipe 2.

Nah, kalau kamu bingung mau nyemil apa di tengah malam, yuk makan lima makanan di atas!

Sumber: CNN Indonesia

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.