5 Tips Sederhana Mengurangi Kecenderungan Tidur Berlebihan

  • Senin, 26/04/2021 - 09:43 WIB
Hai, Sobat Souja! Tidur memang salah satu kebutuhan manusia. Tidur memberikan waktu bagi manusia untuk beristirahat setelah seharian beraktivitas. Waktu ideal bagi kita untuk tidur yakni selama 7-8 jam. Kurang atau lebih dari itu malah akan menimbulkan efek samping bagi tubuh.

Selain kurang tidur, terlalu banyak tidur cenderung sangat merugikan. Selain menghabiskan waktu produktif, terlalu banyak tidur seringkali membuat kita jadi mudah mengantuk dan selalu merasa lelah. Teruntuk kamu yang sedang mengalami masalah ini, berikut lima tips untuk mengatasi oversleeping.

1. Mengganti kebiasaan alarm
 
d 
Sumber: Islampos 

Penting sekali untuk memilih alarm yang efektif untuk membangunkanmu dari tidur. Ada banyak sekali pilihan alarm yang bisa kamu gunakan. Bahkan ada alarm yang baru bisa berhenti berbunyi ketika kamu bisa menjawab pertanyaannya, sehingga dapat mengantisipasi kamu akan tertidur kembali setelah mematikan alarm.

Hindari menunda bangun dengan snooz alarm karena akan membuatmu semakin lama tertidur. Lebih baik segera bangun ketika alarm berbunyi dan segera beranjak dari kamar tidur. Dengan itu, kamu bisa menghindari tertidur dalam waktu lama.
 
2. Hindari tidur di hari libur

d 
Sumber: American Pillo 
 
Tidak jarang orang memanfaatkan waktu liburnya di weekend untuk tidur. Padahal hal ini sama sekali tidak baik, apalagi jika kamu sampai tidur seharian penuh. Bisa saja jam tidurmu akan berakhir berantakan.

Tidak peduli semengantuk apa dirimu, hindari untuk tidur di waktu weekend. Pastikan jam tidurmu selalu sama setiap waktu. Jangan sampai merusaknya dengan tidur seharian di hari libur. Lebih baik untuk mengisi waktu liburan dengan hal-hal yang produktif atau menyenangkan diri dengan melakukan hobi.

3. Jangan tidur siang
 
d 
Sumber: Wollipop 
 
Apabila kamu sudah memenuhi waktu tidurmu selama 7-8 jam, kamu sudah tidak butuh tidur siang. Sebenarnya tidur siang cukup dilakukan ketika waktu tidurmu di malam hari kurang. Tidur siang hanya sebagai pengganti saja.

Jika dirasa waktu tidurmu cukup, sebaiknya hindari tidur siang karena membuat waktu tidurmu menjadi berlebihan. Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatanmu. Jadi, sebisa mungkin mendorong keinginan untuk tidur siang.

4. Rutin menjadwal waktu tidurmu
 
d 
Sumber: Detik Health 

Tidak ada salahnya mencatat kegiatan tidurmu selama ini. Mulai dari durasi tidur hingga mimpimu sekalian. Ini berfungsi agar kamu dapat me-maintain jam tidurmu sehingga tidak akan mengalami kekurangan maupun kelebihan tidur.

Kamu juga bisa tahu apa yang menjadi penyebabmu oversleeping selama ini. Entah itu karena faktor makanan atau gaya hidup yang salah atau malah karena kurang berolahraga. Saat ini juga terdapat banyak sekali aplikasi sleep tracking atau sleep journal yang dapat kamu unduh gratis.

5. Hentikan kebiasaan buruk
 
d 
Sumber: Portal Jember 

Seperti tertulis di atas, kebiasaan dan gaya hidup juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur seseorang. Hindari kebiasaan buruk seperti begadang karena akan membuat jam tidurmu berantakan. Begadang satu malam saja dapat berakibat dengan waktu tidurmu yang semakin bertambah setelahnya.

Jangan juga bermain ponsel dengan tiduran di kasur dan meminum kopi atau segala sesuatu yang mengandung kafein sebelum tidur. Lebih baik untuk memulai kebiasaan baik seperti rajin berolahraga dan rutin mengonsumsi makanan sehat.

Itulah lima cara sederhana untuk mengurangi tidur berlebihan apalagi selama di rumah aja. Jangan sampai produktivitasmu menjadi terganggu karena terlalu banyak tidur, guys.

Sumber: IDN Times

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.