Sobat Souja, apakah Sobat gemar mengonsumsi ikan? Ikan merupakan sumber protein yang terjangkau dan ada banyak jenisnya, salah satunya ikan kembung.
" />

Nutrisi Ikan Kembung Yang Baik Untuk Kesehatan Tubuh

  • Rabu, 14/04/2021 - 11:10 WIB
Sobat Souja, apakah Sobat gemar mengonsumsi ikan? Ikan merupakan sumber protein yang terjangkau dan ada banyak jenisnya, salah satunya ikan kembung. Selain daging yang lembut, ikan kembung juga kaya kandungan nutrisi sehingga membuat orang menyakini, jika mengonsumsinya secara rutin, tentu akan ada manfaatnya bagi tubuh. Sobat Souja bisa mengolah ikan kembung ini dengan berbagai cara, mulai dari menggorengnya hingga membuatnya menjadi pepes. Nah, kalian penasaran manfaat apa saja yang bisa diberikan dengan mengonsumsi ikan kembung ini? Langsung aja yuk, kita simak informasi lengkapnya berikut.
 
ikan kembung
Source: grid.id
 
1. Memiliki Potensi Mencegah Peradangan
Peradangan merupakan respons alami tubuh ketika terdeteksi zat asing yang bisa menginfeksi. Meski menjadi bagian dari proses perlindungan diri dari penyakit dan gangguan, peradangan dalam jangka panjang bisa menimbulkan berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan kanker. Salah satu cara mencegah peradangan pada tubuh adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan kaya antioksidan. Selain buah, makanan tinggi antioksidan ada pada ikan, contohnya ikan kembung.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan
Jika Sobat sedang menjalani diet untuk menurunkan berat badan, ikan kembung bisa menjadi salah satu makanan pilihan. Kenapa? Pertama, ikan kembung kaya akan protein yang punya manfaat untuk mempercepat metabolisme tubuh. Semakin cepat metabolisme tubuh, maka semakin banyak kalori akan dibakar. Nah, efeknya berat badan akan turut menurun.

3. Menyehatkan Tulang
Agar tulang tetap sehat dan kuat, Sobat butuh asupan kalsium yang mencukupi. Kalsium bisa kalian temukan pada banyak makanan, termasuk ikan kembung ini. Kandungan kalsium pada ikan kembung berkhasiat untuk menjaga kekokohan tulang dan gigi. Apalagi bagi lansia, peran kalsium amatlah penting, yakni mencegah osteoporosis dan patah tulang. Namun, untuk bisa mendapatkan manfaat ikan kembung ini, juga perlu mencukupi vitamin D.

4. Menjaga Kesehatan Otot & Saraf
Makan ikan kembung secara rutin juga memberikan manfaat pada kesehatan otot dan saraf. Hal Ini karena ikan bandeng kaya akan kalium dan natrium. Tubuh membutuhkan kedua mineral ini agar otot dan saraf dapat berfungsi dengan baik. Kadar kalium atau natrium yang rendah dalam tubuh dapat meningkatkan risiko mengalami lemah, lelah, atau nyeri pada otot. 
 
manfaat ikan kembung
Source: idntimes.com
Gimana Sobat Souja, sangat melimpah bukan manfaat ikan kembung bagi kesehatan tubuhmy? Jika kalian ingin mendapatkan khasiatnya, maka Sobat bisa menambahkan ikan kembung sebagai menu makan bersama keluarga. Alangkah lebih baiknya, ikan kembung dimasaka melalui cara proses direbus, dikukus, atau dipanggang ketimbang menggoreng menggunakan minyak ya, agar kandungan lemaknya tidak menghilangkan asam amino yang terkandung. Yuk, mari mulai konsumsi ikan kembung Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.