Hai Sobat Souja, sebagian orang tua mungkin akan mencegah anak-anak mereka berpuasa di bulan Ramadan karena rasa kasihan atau takut bahwa anaknya " />

Ketahui Usia Yang Tepat Untuk Melatih Si Kecil Berpuasa

  • Kamis, 15/04/2021 - 09:38 WIB
Hai Sobat Souja, sebagian orang tua mungkin akan mencegah anak-anak mereka berpuasa di bulan Ramadan karena rasa kasihan atau takut bahwa anaknya tidak mampu melakukannya. Padahal, anak-anak cukup mampu untuk berpuasa hanya dengan sedikit dorongan. Namun, dengan mengajak mereka untuk melakukan puasa sejak dini, dapat menjadikan si kecil lebih terbiasa. Oleh karena itu orangtua harus berusaha sebaik mungkin untuk melatih anak-anak berpuasa seperti yang diperintahkan dalam hadist. Berikut ini terdapat beberapa hal yang bisa harus kalian ketahui betul kapan waktu yang tepat bagi si kecil untuk mantap berpuasa.
 
anak berpuasa
Source: enervon.co.id
Hal pertama yang harus dilakukan oleh para orang tua adalah memastikan betul bahwa si kecil sudah siap secara fisik dan mental untuk melakukan kegiatan puasa selama satu hari penuh. Namun, jika si kecil merasa tidak sanggup jangan terlalu memaksakan dirinya untuk melanjuti. Cobalah untuk membiasakan diri hingga siang hari. Para ulama seperti Ata, al-Hassan, Ibn Sireen, al-Zuhri, Qatadah dan ash-Shaafai berpandangan bahwa anak-anak harus disuruh berpuasa ketika mereka mampu melakukannya. Al-Awzaai juga mengatakan jika dia mampu berpuasa selama tiga hari berturut-turut tanpa henti dan tanpa menjadi lemah, maka dia harus berpuasa Ramadan.

Selanjutnya, para orang tua juga harus memperintahkan si anak untuk mulai berpuasa pada usia 10 tahun. Ulama lain menyebutkan usia 10 tahun bagi anak-anak untuk berpuasa, dengan mengacu pada hadis memerintahkan anak-anak untuk sholat seperti yang dikutip di bawah ini. Pasalnya, keduanya berasal dari ibadah fisik yang juga dari rukun Islam. Para ulama seperti Imam Ibn Hajar al-Asqalani telah merekomendasikan untuk melatih anak-anak kita berpuasa sebelum mereka mencapai usia pubertas agar mereka terbiasa pada saat mereka dewasa nanti. Hal ini didasarkan pada perbuatan para sahabat Nabi Muhammad Saw, di mana mereka berusaha keras mendidik anak-anaknya untuk berpuasa di usia muda.
 
melatih kecil berpuasa
Source: akamaized.net
Nah, itu dia Sobat Souja ulasan singkat tentang umur paling ideal untuk melatih dan membiasakan si kecil berpuasa. Ingat, tugas kita sebagai orang tua lah yang sudah menanamkan ilmu-llmu agama sejak dini kepada buah hati tercinta. Dengan begitu, si kecil mulai terbiasa dan rutin untuk menjalankannya tanpa merasa terpaksa. Cobalah untuk mengajak si kecil melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat melupakan waktunya, seperti membaca buku ilmu pengetahuan hingga menonton film kartun tentang edukasi agama selama ngabuburit. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Fimela.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.