Hai Sobat Souja, apakah kalian salah satu yang suka mengonsumsi kolang kaling ketika menyantap menu hidangan berbuka puasa? Kolang-kaling yang berasal
" />

Tips Menyimpan Kolang-Kaling Agar Awet Dikonsumsi

  • Jumat, 16/04/2021 - 09:53 WIB
Hai Sobat Souja, apakah kalian salah satu yang suka mengonsumsi kolang kaling ketika menyantap menu hidangan berbuka puasa? Kolang-kaling yang berasal dari buah pohon aren ini termasuk salah satu bahan yang banyak diburu untuk campuran es lho. Kolang-kaling sering ditemukan pada hidangan seperti es campur hingga kolak. Teksturnya yang kenyal seperti agar-agar ini dianggap sehat dan punya banyak manfaat. Memilih kolang-kaling yang masih muda sangat bagus untuk dapat disimpan dalam jangka waktu lama. Kolang-kaling muda biasanya memiliki tekstur yang kenyal dan warnanya bening cenderung transparan. Tapi supaya bisa tahan lama di dalam kulkas, gimana sih caranya? Sobat Souja gak perlu bingung, karena kita sudah merangkum bagaimana cara menyimpan dan mengawetkan kolang-kaling untuk dikonsumsi. Langsung aja yuk kita simak informasi lengkapnya di bawah ini.
 
kolang kaling
Source: qubiz.net
 
1. Bersihkan Lendir Di Bawah Air Mengalir
Biasanya di pasaran, untuk menjaga kesegarannya kolang-kaling dijual di dalam wadah yang berisi air. Tapi jika direndam terlalu lama dapat menghasilkan lendir dan membuat kolang-kaling jadi terasa asam dan kurang enak. Karenanya sebelum disimpan di dalam kulkas, kolang-kaling harus dibersihkan di bawah air mengalir hingga lendirnya hilang. Tapi meski tidak ada lendir, tak ada salahnya kok kamu tetap mencuci kolang-kaling di bawah air mengalir sebelum menyimpannya di dalam kulkas. Karena kita tak pernah tahu air yang digunakan untuk merendam kolang-kaling di pasar tersebut sudah kotor atau belum.

2. Gunakan Air Bekas Cucian Beras Agar Lebih Kesat
Meskipun bekas, tapi air bekas cucian beras ternyata bisa digunakan untuk mengurangi rasa asam pada kolang-kaling dan membuatnya jadi lebih bersih dari sisa-sisa lendirnya lho. Kamu tinggal merendamnya dalam air bekas cucian beras selama kurang lebih satu sampai dua jam hingga muncul gelembung-gelembung keruh di permukaan air beras. Setelah itu jangan lupa untuk kembali mencucinya dengan air mengalir hingga permukaan kolang-kaling jadi lebih kesat.

3. Rebus Dengan Dedaunan Wangi
Setelah dicuci, rebus kolang-kaling dengan daun pandan atau daun jeruk sehingga kolang-kaling jadi lebih harum. Proses merebus ini juga dapat membuat kolang-kaling jadi lebih empuk dan tidak asam. Jika mau, kamu juga bisa tambahkan kayu manis atau cengkeh.

4. Simpan Di Dalam Kulkas Dengan Wadah Tertutup
Setelah direbus, biarkan kolang-kaling dingin terlebih dahulu sebelum kemudian diletakkan ke dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam kulkas. Cara ini dapat membantu menyimpan kolang-kaling sehingga lebih segar dan tahan lama.
 
tips kolang kaling
Source: detik.net.id
Nah, itu dia Sobat Souja keempat tips yang bisa kalian lakukan agar kolang-kalingmu tetap awet saat disimpan lama di dalam kulkas. Hal ini dikarenakan ketika kolang-kaling dalam keadaan segar, kolang-kaling tidak tahan untuk disimpan terlalu lama. Maka dari itu, jika Sobat ingin mengawetkannya coba lakukan tips cara di atas ya agar rasa dan tekstur dari kolang-kaling itu sendiri masih segar dan enak untuk dihidangkan bersama santapan menu buka puasamu. Semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Kitchenofindonesia.com 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.