Bingung Atasi Bau Mulut Saat Berpuasa? Coba Lakukan 5 Cara ini!

  • Sabtu, 17/04/2021 - 10:07 WIB
Sobat Souja, melakukan ibadah puasa memiliki tantangan tersendiri selain harus menahan lapar, dahaga, emosi serta tutur kata. Ya, berpuasa juga harus siap atas kondisi bau mulut. Bau mulut memang bisa menurunkan rasa percaya diri dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Sebenarnya, bau mulut bisa dicegah dengan beberapa cara. Mengutip CNN Indonesia, berikut beberapa cara untuk mencegah bau mulut menurut para ahli, simak yuk!


Penuhi Gizi Seimbang dengan Karbohidrat, Sayur dan Buah
Cara efektif lain untuk mencegah bau mulut saat berpuasa adalah konsumsi buah dan sayur. Sayur dan buah mampu membersihkan plak dan sisa makanan. Kemudian antioksidan berperan dalam kesehatan gigi dan mulut. Sobat Souja pun akan merasa kenyang lebih lama berkat kandungan serat pada sayur dan buah. Perlu diingat pula, berpuasa harus tetap mengonsumsi karbohidrat agar tidak mudah lemas. Tubuh yang kekurangan karbohidrat akan melepas keton dan menimbulkan bau mulut. Sebaiknya pilih pangan sumber karbohidrat kompleks misalnya ubi, roti gandum, pasta gandum, nasi merah karena tubuh memerlukan waktu lebih lama untuk mencerna sehingga kamu merasa kenyang lebih lama.


Menghindari Makanan Tertentu
Makanan tertentu bisa memicu bau mulut. Perhatikan menu sahurmu, sebab ada beberapa bahan makanan yang baunya tertinggal di mulut meski sudah menggosok gigi. Bawang putih dan bawang bombai mentah termasuk bahan pangan yang perlu dihindari jika tidak ingin bau mulut. Kemudian produk susu juga cenderung menimbulkan bau mulut. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari makanan yang panas dan pedas karena bisa mengakibatkan radang tenggorokan serta bau mulut. 


Minum Air Putih
Bau mulut saat puasa dipicu kondisi mulut kering. Produksi saliva menurun sehingga bakteri tumbuh bebas di mulut. Sebaiknya penuhi kebutuhan cairan selama berpuasa baik saat sahur maupun berbuka. Biasanya 8 gelas air putih akan cukup memenuhi kebutuhan cairan dalam sehari. Atur jadwal minum misal satu gelas saat bangun sahur lalu satu sampai dua gelas setelah santap sahur. Kemudian sisanya bisa dilakukan saat berbuka, jelang salat tarawih, saat makan malam dan jelang tidur.


Sikat Gigi Teratur, 2 Kali Sehari
Bakteri secara alami bersembunyi di dalam mulut. Namun sisa makanan atau minuman akan membuat pertumbuhan bakteri makin pesat lalu menimbulkan bau tak sedap. Saat berpuasa, rutinitas menyikat gigi dilakukan setelah sahur dan setelah berbuka puasa. Tidak hanya gigi, lidah pun perlu dibersihkan karena sisa makanan atau minuman bisa menempel di permukaan lidah. Produk sikat gigi sekarang biasa sepaket dengan pembersih lidah atau bisa mendapatkan pembersih khusus lidah di pasaran.


Gunakan Obat Kumur
Penggunaan obat kumur terbilang opsional. Namun, ada baiknya digunakan untuk memastikan kebersihan gigi dan mulut apalagi biasanya produk obat kumur dilengkapi kandungan yang bisa mengurangi jumlah bakteri dan mampu memberikan rasa segar di mulut.


Sumber: CNN Indonesia








About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.