Hai Sobat Souja, pernahkah kalian membeli steak di sebuah restaurant? Saat memesan steak di restoran, pasti Sobat akan ditanya bagian daging dan tingkat kematangan

Ketahui Tingkat Kematangan Daging Steak Yang Enak Dikonsumsi!

  • Sabtu, 17/04/2021 - 10:07 WIB
Hai Sobat Souja, pernahkah kalian membeli steak di sebuah restaurant? Saat memesan steak di restoran, pasti Sobat akan ditanya bagian daging dan tingkat kematangan seperti apa yang kamu mau. Kalau Sobat suka daging yang berlemak cobalah pesan bagian sirloin. Sementara kalau ingin daging yang lebih sedikit lemaknya pilihlah tenderloin, tentunya dengan harga yang sedikit lebih mahal. Sementara untuk tingkat kematangan daging steak terbagi menjadi 5. Penasaran tingkat kematangan yang enak untuk seleramu? Tiap kematangan daging steak memilki perbedaan satu sama lain ya. Untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya, yuk mari kita simak penjelasan di bawah ini agar Sobat Souja tidak bingung lagi dan bisa menentukan mana yang paling sesuai dengan tastemu.
 
tingkat matang steak
Source: cloudfront.net
 
1. Rare
Kalau Sobat memesan tingkat kematangan steak rare kamu akan dapat daging yang hanya matang di permukaannya saja. Sementara hampir 80% bagian dalamnya masih berwarna merah. Tingkat kematangan seperti ini agak kurang cocok dengan masyarakat Asia, tapi jika mau memesannya Sobat akan medapatkan kenikmatan daging sapi yang masih sangan juicy.

2. Medium Rare

Jika ingin mencicipi daging yang masih sangat juicy tapi lebih banyak bagian yang matangnya tingkat kematangan medium rare bisa jadi alternatif. Steak dengan tingkat kematangan seperti ini paling cocok dikonsumsi bersama salad yang terbuat dari sayur-sayuran segar.

3. Medium
Ini dia, nih, tingkat kematangan steak yang jadi favorit banyak orang. Steak yang dimasak medium sangat enak karena sudah cukup matang namun tetap menyisakan sensasi juicy ketika dikonsumsi. Kalau kalian adalah penggemar steak maka Sobat wajib mencoba daging terbaik yang dimasak dengan tingkat kematangan seperti ini.

4. Medium Well
Hampir seluruh bagian daging di steak yang dimasak medium well sudah matang. Hanya sedikit daging di bagian dalam saja yang masih tetrlihat berwarna merah. Steak dengan tingkat kematangan medium well sudah tidak terlalu juicy namun akan tetap terasa empuk selama diolah dengan baik dan benar.

5. Well Done
Kalau suka daging yang sudah matang dengan sempurna maka pilihan yang paling pas buat Sobat adalah well done. Pada tingkat kematangan ini seluruh bagian daging sudah berwarna coklat. Steak yang dimasak well done paling pas disantap bersama mashed potato atau kentang goreng.
 
steak matang
Source: cloudfront.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa macam tingkat kematangan daging steak yang perlu kalian ketahui jika memesannya di sebuah restaurant ya. Jika selama ini Sobat hanya menggunakan feeling untuk menentukan kematangan daging steak, maka Sobat sekarang sudah harus tahu bahwa tingkatan yang berbeda-beda lho. Karena kematangan daging sapi sangat mempengeruhi kenikmatan steak saat disantap. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Sobat Souja ya!

Sumber artikel: Tsmlovers.com
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.