Hai Sobat Souja, selama beraktivitas puasa Ramadan setiap orang harus bisa untuk menyesuaikan diri, termasuk dalam mengatur pola tidur. Bahkan, tak jarang ada beberapa " />

Cara Mengatur Pola Tidur Yang Berantakan Selama Puasa

  • Selasa, 20/04/2021 - 10:08 WIB
Hai Sobat Souja, selama beraktivitas puasa Ramadan setiap orang harus bisa untuk menyesuaikan diri, termasuk dalam mengatur pola tidur. Bahkan, tak jarang ada beberapa orang yang memiliki kualitas tidur yang buruk selama puasa, karena tidak bisa mengatur pola tidur yang baik.  Adanya beberapa ibadah atau kegiatan malam, seperti tadarus, salat malam dan makan sahur membuat setiap orang harus pandai mengatur waktu tidur agar tetap bisa prima dalam menjalankan ibadah selama puasa. Lalu gimana cara mengatasinya? Tenang Sobat Souja, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mendapatkan pola tidur yang baik selama puasa Ramadan. Langsung saja, simak tipsnya berikut ini.
 
pola tidur puasa
Source: pegipegi.com
 
1. Tidur Dalam Sekali Waktu
Mengatur tidur yang lebih lama lebih bermanfaat daripada beberapa berkali-kali tidur sebentar untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Usahakan untuk tidur setidaknya 4 jam di malam hari setelah berbuka puasa, sebelum bangun untuk sahur dan subuh dan kembali tidur selama beberapa jam sebelum bangun di pagi hari.

2. Mengatur Pola Tidur
Cobalah merencanakan rutinitas tidur yang disesuaikan untuk Ramadan sehingga bisa tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Ini akan membantu tubuh mendapatkan ritme untuk tidur yang lebih nyenyak.

3. Nikmati Tidur Siang
Tidur siang selama 20 menit di sore hari dapat memulihkan energi yang lesu dan tingkat fokus. Setel alarm karena terlalu banyak tidur dapat membuat pusing dan bahkan lebih mengantuk daripada sebelum tidur siang.

4. Perhatikan Asupan Makan
Hindari makan makanan berat, berlemak, atau bergula karena tidur bisa terganggu karena tubuh akan bekerja lebih keras untuk mencerna makanan. Hindari juga makanan yang sangat pedas dan berkafein karena bisa memperburuk tidur yang nyenyak karena bisa menyebabkan gas dan mulas.

5. Lingkungan Tidur Yang Tepat
Tempat yang tenang dan gelap sangat ideal untuk beristirahat dan usahakan untuk menghindari menggunakan perangkat elektronik seperti ponsel, laptop, dan TV menjelang waktu tidur karena penelitian menunjukkan bahwa cahaya biru dari layar dapat mengganggu kualitas tidur.
 
puasa tidur
Source: popmama.com
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa tips yang bisa kalian lakukan guna menjaga pola tidurmu selama bulan suci Ramadan ya. Pada bulan Ramadan, umat Islam memang sering kali menunda jam tidurnya agar memiliki waktu lebih untuk makan, minum, bercengkrama, dan melakukan aktivitas lainnya di malam hari. Selain itu, di bulan puasa juga terdapat ibadah tarawih yang dapat menambah penangguhan jam tidur bagi sebagian orang. Maka dari itu, yuk mari mulai terapkan pola tidur sehat di bulan suci ini Sobat Souja!

Sumber artikel: Fimela.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.