Galettes de Sarrasin Menu Sarapan ala Prancis, Bikin Yuk!

  • Senin, 15/02/2021 - 10:30 WIB
Hai, Sobat Souja! Bosan dengan menu sarapan yang gitu-gitu aja? Ubah menu sarapan kamu dengan salah satu resep tradisional asal Prancis ini, dijamin bakal bikin pagi kamu jadi lebih semangat.

Galettes de Sarrasin, hidangan pancake tradisional dari Brittany di Perancis ini, telah menjadi sangat populer, sehingga kamu juga bisa menemukannya di banyak bagian di Prancis termasuk Paris. Ini bisa dimakan polos atau dengan isian sesuai dengan pilihan.

Kamu juga bisa membuat rasanya jadi lebih manis atau gurih seperti pancake. Biasanya, untuk isiannya ini bisa menggunakan ham sapi, telur, dan keju.

Selain menyehatkan, makanan ini juga bebas gluten! Namun, jika kamu tidak tahu cara membuatnya, berikut resep Galettes de Sarrasin yang dikutip dari kanal Youtube Recipe30.

Bahan:

Untuk adonan crepes:

-1 ¼ cangkir tepung soba

-1 gelas air

-1 butir telur

-2 sdm mentega

-Garam secukupnya

Untuk hiasan

-6 butir telur

-12 potong daging ham sapi

-Keju parut Swiss atau Emmental atau keju parut biasa

-Lada secukupnya

Cara membuat

1. Tempatkan tepung dalam mangkuk pengaduk, buat sedikit cekungan pada tepung dan tambahkan satu telur utuh ke dalam cekungan tepung. Tambahkan sedikit garam, setengah air (setengah gelas), dan aduk rata menggunakan pengocok atau whisker. Setelah halus tambahkan sisa air dari gelas tadi dan biarkan hingga satu sampai dua jam di lemari es dalam keadaan tertutup dengan plastik wrap. Untuk hasil terbaik, biarkan semalaman.

2. Letakkan wajan crepe atau wajan anti lengket di atas api sedang dan tambahkan mentega hingga meleleh. Setelah meleleh, masukan ke adonan dan aduk rata.

3. Lap wajan Anda dan tempatkan di atas api besar. Pastikan wajan sudah dalam keadaan panas. Setelah panas, tuangkan adonan secukupnya hingga hampir menutupi bagian wajan, biasanya satu sendok penuh.

4. Pecahkan telur di tengah dan olesi putih telur dengan spatula lembut atau dengan memutar wajan, jangan sampai kuning telurnya hancur. Pastikan kuning telur tetap berada di tengah, kemudian kecilkan api ke sedang cenderung rendah.

5. Tambahkan daging ham sapi di sekitar kuning telur sekaligus taburi keju parut. Tambahkan lada hitam secukupnya. Lipat setiap sisi hingga membentuk persegi dan biarkan kuning telur yang berada di tengah dalam keadaan terbuka. Putih telur harus matang dan kuning telurnya encer atau setengah matang. Olesi dengan sedikit mentega cair dan sajikan segera. Selamat sarapan!

Sumber: Okezone.com

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.