Sobat Souja, tahukah kalian? Sebagai pemanis alami, madu mempunyai warna kecokelatan yang menarik perhatian orang-orang. Akan tetapi, ternyata terdapat madu " />

Madu Hitam Ternyata Memiliki Segudang Manfaat Lho!

  • Kamis, 11/02/2021 - 08:47 WIB
Sobat Souja, tahukah kalian? Sebagai pemanis alami, madu mempunyai warna kecokelatan yang menarik perhatian orang-orang. Akan tetapi, ternyata terdapat madu yang lebih pekat warnanya dibandingkan madu biasa, yaitu madu hitam. Madu hitam merupakan madu yang berasal dari bunga mahoni, sehingga warnanya lebih hitam dan pekat. Selain itu, jenis madu yang satu ini juga mempunyai rasa yang lebih pahit dibandingkan madu biasa. Sumber rasa pahit tersebut berasal dari senyawa alkaloid yang ada pada pohon mahoni. Akan tetapi, justru dari alkaloid inilah banyak manfaat yang bisa Sobat peroleh dari madu hitam. Apa saja manfaat dari mengonsumsi madu hitam? Langsung aja yuk kita simak informasi lengkapnya di bawah ini!
 
madu hitam
Source: honestdocs.id
 
1. Cocok Untuk Penyandang Diabetes
Madu hitam mengandung alkaloid yang tinggi dan sifatnya baik untuk penyandang diabetes. Tidak hanya itu, madu hitam memiliki kadar glukosa yang rendah, sehingga kemungkinan besar tidak akan meningkatkan gula darah secara drastis.

2. Membantu Mengobati Maag
Selain cocok untuk para diabetesi, manfaat madu hitam lainnya adalah dapat membantu mengobati maag (sindrom dyspepsia). Madu hitam diketahui dapat membantu mengatasi gejala maag yang cukup mengganggu, seperti perut sakit dan mual.

3. Menyehatkan Kulit
Sudah menjadi rahasia umum bahwa madu dapat membantu proses penyembuhan luka di kulit, sehingga bisa juga digunakan untuk menyamarkan bekas jerawat. Selain itu, madu hitam juga mempunyai manfaat untuk menghilangkan bintik-bintik hitam pada wajah.

4. Membantu Meredakan Batuk
Bagi Sobat yang sedang batuk dan ingin mencoba cara alami, mungkin bisa menggunakan madu hitam sebagai solusinya. Meski begitu, Sobat tetap dianjurkan untuk menggunakan madu hitam ini bersama dengan obat batuk lainnya agar kondisi cepat membaik.
 
manfaat madu hitam
Source: akamaized.net
Nah, itu dia Sobat Souja beberapa manfaat yang perlu kalian ketahui jika Sobat rutin mengonsumsi madu hitam. Hal ini dikarenakan madu hitam mengandung senyawa flavonoid ini mempunyai kandungan fenolik total yang lebih banyak, sehingga efeknya cukup besar terhadap tubuh manusia. Maka dari itu, semakin gelap warna sebuah madu maka semakin banyak nutrisi dan vitamin yang dimiliki olehnya. Semoga informasinya bermanfaat ya Sobat Souja!

Sumber artikel: Hellosehat.com
 
 

About

CKH Group is Indonesian MICE company based in Central Jakarta. Driven by our core values and with our own vision to bring more good managements and idea in order to support the MICE industry demand that getting higher not only in Jakarta, but also other cities in Indonesia.